Pengaruh Pendapatan, Jumlah Tanggungan Keluarga, dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Tradisional Kalierang, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes)

TURNIP, Unki Elsara (2021) Pengaruh Pendapatan, Jumlah Tanggungan Keluarga, dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Tradisional Kalierang, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER - Unki Elsara Turnip - C1A017113 - Skripsi - 2021.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS - Unki Elsara Turnip - C1A017113 - Skripsi - 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK - Unki Elsara Turnip- C1A017113 - Skripsi - 2021.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (BabI)
BAB - I - Unki Elsara Turnip - C1A017113 - Skripsi - 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (BabII)
BAB - II - Unki Elsara Turnip - C1A017113 - Skripsi - 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB - III - Unki Elsara Turnip - C1A017113 - Skripsi - 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB - IV - Unki Elsara Turnip - C1A017113 - Skripsi - 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (BabV)
BAB - V - Unki Elsara Turnip - C1A017113 - Skripsi - 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA - Unki Elsara Turnip - C1A017113 - Skripsi - 2021.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN - Unki Elsara Turnip - C1A017113 - Skripsi - 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)

Abstract

Bidang perdagangan merupakan salah satu sektor informal yang banyak diminati angkatan kerja tidak terdidik, namun fakta di lapangan khususnya pedagang pasar tradisional dihadapkan pada situasi yang mendorong pedagang dalam kondisi tidak sejahtera, sehingga dapat memengaruhi kemampuan pedagang dalam mengalokasikan pendapatannya untuk konsumsi pangan dan non-pangan. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti tentang Pengaruh Pendapatan, Jumlah Tanggungan Keluarga, dan Tingkat Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Pedagang Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Tradisional Kalierang, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pendapatan rumah tangga pedagang pasar tradisional, perbandingan konsumsi pangan dan non-pangan pedagang pasar tradisional, serta menganalisis pengaruh variabel pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, dan tingkat pendidikan secara bersama-sama dan sebagian dalam memengaruhi pola konsumsi pedagang pasar tradisional di Pasar Tradisional Kalierang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 60 orang responden yang berasal dari lokasi penelitian yaitu Pasar Tradisional Kalierang, dengan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara dan kuisioner, sedangkan teknik untuk menganalisis data yang diperoleh menggunakan teknik analisis regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, dan tingkat pendidikan secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap pola konsumsi, sedangkan secara sebagian hanya variabel pendapatan dan jumlah tanggungan keluarga yang memiliki pengaruh terhadap pola konsumsi pedagang di Pasar Tradisional Kalierang. Hasil penelitian ini memberikan implikasi, diantaranya: 1) untuk meningkatkan konsumsi non-pangan pedagang pasar tradisional, maka pedagang diharapkan mampu meningkatkan pendapatan dengan meningkatkan skala penjualan melalui penambahan modal, misalnya melalui pinjaman melalui koperasi, unit perbankan, dan lain sebagainya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas dagangan yang dapat mendorong semakin meningkatnya pendapatan pedagang yang akan dapat meningkatkan alokasi pendapatannya untuk konsumsi non-pangan. Disamping itu, pemerintah daerah selaku pembuat kebijakan diharapkan mampu menciptakan regulasi dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan pasar tradisional, 2) target utama dalam peningkatan pola konsumsi adalah masyarakat perpendapatan menengah ke bawah, sehingga diharapkan bantuan dalam bentuk dana dan barang dapat diberikan dengan tepat, 3) pemerintah diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dalam program KB (Keluarga Berencana) dan program lainnya terkait upaya penurunan laju pertumbuhan penduduk sehingga jumlah keluarga yang ditanggung tidak membebani besarnya pola konsumsi pedagang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C21201
Uncontrolled Keywords: Pola Konsumsi, Pendapatan, Jumlah Tanggungan Keluarga, Tingkat Pendidikan, Pedagang, Pasar Tradisional
Subjects: C > C797 Consumption Economics Consumers
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs Unki Elsara Turnip
Date Deposited: 21 Jul 2021 01:15
Last Modified: 21 Jul 2021 01:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10111

Actions (login required)

View Item View Item