FAJRI, Imam (2017) Rekayasa Desain Kemasan dan Label Emping Melinjo UKM Mustika Langgeng Jaya. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
|
PDF (Cover)
Cover_1.pdf Download (117kB) | Preview |
|
PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
||
|
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf Download (140kB) | Preview |
|
PDF (BabI)
Bab I_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (BabII)
Bab II_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
||
PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
||
PDF (BabV)
Bab V_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf Download (197kB) | Preview |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
Abstract
Emping melinjo adalah sejenis keripik yang dibuat dari biji melinjo tua dan merupakan salah satu komoditi pertanian yang memiliki harga tinggi. Makanan ringan ini cukup banyak diproduksi oleh industri skala kecil. Usaha Kecil Menengah (UKM) Mustika Langgeng Jaya adalah salah satu UKM yang memproduksi emping melinjo di Desa Binangun, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas namun kemasan emping yang digunakan masih sederhana dan kurang menarik serta kurang memberikan informasi mengenai produk kepada konsumen. Pemilihan model kemasan yang baru dan penentuan atribut label diharapkan mampu meningkatkan minat konsumen membeli emping melinjo UKM Mustika Langgeng Jaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap: 1) Jenis bahan dan bentuk kemasan emping melinjo; 2) Desain label kemasan; 3) Atribut label. Penelitian ini merupakan penelitian survai untuk memilih kemasan baru dan menentukan atribut label pada kemasan. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Unsoed yang cara pengambilannya ditentukan dengan metode snowball sampling. Total responden penelitian ini sebanyak 100 orang yang ditentukan dengan metode slovin. Variabel yang diamati meliputi preferensi konsumen terhadap jenis bahan dan bentuk kemasan, desain label kemasan dan atribut label kemasan emping melinjo. Data yang diperoleh dari responden dianalisis menggunakan analisis varian (uji F), apabila hasil menunjukan ada perbedaan maka dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf uji 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemasan yang paling disukai oleh konsumen adalah stand up pouch kombinasi zipper, desain kemasan label yang paling disukai adalah desain 2 yang berwarna kuning gelap bercorak merah dan mempunyai ilustrasi wajah senyum, dan sedangkan atribut label informasi yang penting untuk dicantumkan berturut-turut yaitu tanggal kedaluwarsa, halal bagi yang dipersyaratkan, nama produk, nomor ijin Dinas Kesehatan (P.IRT), nama merek, komposisi bahan, nomor dan kode produksi, informasi nilai gizi, berat bersih, nama dan alamat produsen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | A17252 |
Subjects: | A > A128 Agricultural |
Divisions: | Fakultas Pertanian > S1 Ilmu dan Teknologi Pangan |
Depositing User: | Mr Rohmadi Rohmadi |
Date Deposited: | 15 Jan 2019 03:07 |
Last Modified: | 24 Jan 2020 02:35 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/1019 |
Actions (login required)
View Item |