Paralegal dan Buruh Migran di Banyumas (Studi tentang Aktivitas Paralegal dalam Organisasi/ Paguyuban Buruh Migran di Banyumas)

SELIYANA, Seliyana (2021) Paralegal dan Buruh Migran di Banyumas (Studi tentang Aktivitas Paralegal dalam Organisasi/ Paguyuban Buruh Migran di Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Seliyana-F1A014097-Skripsi-2021.pdf

Download (333kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Seliyana-F1A014097-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Seliyana-F1A014097-Skripsi-2021.pdf

Download (658kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Seliyana-F1A014097-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Seliyana-F1A014097-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Seliyana-F1A014097-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Seliyana-F1A014097-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Seliyana-F1A014097-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Seliyana-F1A014097-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)

Abstract

Buruh migran merupakan seseorang yang bekerja di luar negeri. Jumlah tenaga migran terus meningkat setiap tahun. Kebanyakan buruh migran Indonesia bekerja pada sektor informal seperti menjadi pembantu/asisten rumah tangga. Hal ini dikarenakan para pekerja buruh migran tidak memiliki keterampilan yang memadai, pendidikan yang rendah dan juga pengetahuan yang minim. Pekerja buruh migran sangat rentan mendapat permasalahan. Banyak kasus buruh migran. Kasus yang muncul sangat kompleks. Inti persoalan adalah minimnya perlindungan yang diberikan oleh negara. Hal itu juga terjadi di Banyumas.Permasalahan buruh migran di Banyumas membuat prihatin sejumlah mantan buruh migran ataupun beberapa aktivis buruh migran. Atas keprihatinan tersebut terbentuklah gerakan paralegal yang bertujuan untuk mempelajari hukum serta mengamati isu masalah yang ada di buruh migran. Tugas paralegal yakni bekerja secara sukarela memberikan fasilitas pendampingan untuk para TKI yang berada di luar negeri. Salah satu paralegal yang terdapat di Banyumas, yakni paguyuban Seruni yang sudah banyak menangani kasus-kasus yang telah terjadi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan beberapa temuan mengenai paralegal dalam dunia buruh migran. Paralegal memiliki peran yang sangat penting dalam mengawasi dan menangani permasalahan yang dihadapi oleh buruh migran di Banyumas. Di Banyumas, paralegal melakukan kegiatan yang bertujuan untuk melindungi, memberdayakan, dan tentunya mengawasi jika ada pelanggaran HAM yang mungkin terjadi pada para buruh migran dan mantan buruh migran. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa paralegal memberikan perlindungan hukum serta memberdayakan masyarakat dengan kemampuan mereka. Paralegal bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, untuk melakukan tugasnya. Paralegal menjadi gerbang pertama bagi para mantan buruh migran untuk menyelesaikan masalahnya. Tak hanya mantan buruh migran yang mendapatkan bantuan, namun juga keluarga dari buruh migran tersebut. Tidak sedikit keluarga buruh migran yang meminta perlindungan dan pendampingan dari paralegal untuk menemukan keluarga mereka di luar negeri. Mereka memberikan bantuan hukum yang diperlukan oleh buruh migran serta mendampingi proses kelanjutan kasusnya. Sesuai dengan peran paralegal, mereka mengedukasi, menjadi mediator, serta mengawasi perkembangan suatu kasus. Kata Kunci: buruh migran, paralegal, aktivis buruh migran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21215
Uncontrolled Keywords: buruh migran, paralegal, aktivis buruh migran
Subjects: C > C648 Community life
M > M344 Migrant labor
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mr SELIYANA SELIYANA
Date Deposited: 02 Aug 2021 08:16
Last Modified: 02 Aug 2021 08:16
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10356

Actions (login required)

View Item View Item