PRASETYO, Bagus (2021) Rancang Bangun Sistem Kendali Kecepatan Motor Brushless DC (BLDC) Menggunakan PID Control Berbasis Mikrokontroler. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Bagus Prasetyo-H1A017073-Skripsi-2021.pdf Download (108kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Bagus Prasetyo-H1A017073-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (953kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Bagus Prasetyo-H1A017073-Skripsi-2021.pdf Download (89kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Bagus Prasetyo-H1A017073-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Bagus Prasetyo-H1A017073-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Bagus Prasetyo-H1A017073-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Bagus Prasetyo-H1A017073-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Bagus Prasetyo-H1A017073-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Bagus Prasetyo-H1A017073-Skripsi-2021.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Bagus Prasetyo-H1A017073-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) |
Abstract
Motor BLDC adalah motor yang tidak menggunakan brush dan komutator melainkan yaitu menggunakan rangkaian elektronika sebagai kendali terhadap motor BLDC tersebut. Penggunaan motor BLDC di bidang industri begitu dibutuhkan, oleh karena itu diperlukan motor BLDC yang dapat diatur kecepatannya. Salah satu kontroler yang dapat digunakan yaitu adalah Kontrol PID (Proportional Integral Derivative). Kontrol PID ini memiliki algoritme yang sederhana dan mudah dipahami, dan telah terbukti memberikan kinerja kontrol yang baik. Pada penelitian ini dilakukan perancangan pengendalian kecepatan motor BLDC menggunakan kontrol PID berbasis arduino. Parameter PID diperoleh menggunakan salah satu metode yang ada didalam PID yaitu metode Ziegler-Nichols, yaitu dengan melakukan simulasi pada rangkaian open loop motor BLDC. Kemudian pada penelitian ini membuat desain sistem kendali kecepatan motor menggunakan kontrol PID. Pada pengujiannya yaitu dilakukan dua pengujian, yaitu simulasi menggunakan software MATLAB dan juga rancang bangun prototype. Pengujian yang dilakukan yaitu dengan membandingkan hasil keluaran dari rangkaian simulasi yang menggunakan kontrol PID dan yang tidak menggunakan kontrol PID. Untuk set point yang digunakan ada empat macam yaitu 1200rpm, 1600rpm, 200rpm, dan 2500rpm. Pada pengujian simulasi menggunakan software, pada set point 1200rpm output kecepatan saat menggunakan kontrol PID berada di kisaran 1200rpm, sedangkan ketika tanpa PID berada dikisaran 1400rpm. Rise time yang dihasilkan saat menggunakan PID yaitu 18,724ms dan overshoot yang dihasilkan 0,4%, sedangkan saat tanpa PID menghasilkan rise time 35,375ms dan overshoot yang dihasilkan 5,8%. Pada pengujian menggunakan alat ketika menggunakan kontrol PID pada set point 1200rpm output kecepatan yang dihasilkan yaitu berada dikisaran 1200rpm, sedangkan ketika tidak menggunakan kontrol PID menghasilkan output kecepatan berada dikisaran 1300rpm. Rise time yang dihasilkan ketika menggunakan kontrol PID adalah 10ms dan ketika tidak menggunakan kontrol PID adalah 100ms. Jadi dapat disimpulkan sistem kendali kecepatan motor saat menggunakan kontrol PID menghasilkan output kecepatan dan response step yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak menggunakan kontrol PID.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H21179 |
Uncontrolled Keywords: | Motor BLDC, Kontrol PID, Ziegler-Nichols, Kendali Kecepatan |
Subjects: | E > E166 Electronic circuits |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Bagus Prasetyo |
Date Deposited: | 09 Aug 2021 06:23 |
Last Modified: | 09 Aug 2021 06:23 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10471 |
Actions (login required)
View Item |