SANTOSO, Rizky Pratama (2021) Pengalaman Mahasiswa Mengikuti Metode Pembelajaran Problem Based Learning di Jurusan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-RIZKY PRATAMA SANTOSO-G1A016120-PENGALAMAN MAHASISWA MENGIKUTI PBL-2021.pdf Download (108kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-RIZKY PRATAMA SANTOSO-G1A016120-PENGALAMAN MAHASISWA MENGIKUTI PBL-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-RIZKY PRATAMA SANTOSO-G1A016120-PENGALAMAN MAHASISWA MENGIKUTI PBL-2021.pdf Download (156kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-RIZKY PRATAMA SANTOSO-G1A016120-PENGALAMAN MAHASISWA MENGIKUTI PBL-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-RIZKY PRATAMA SANTOSO-G1A016120-PENGALAMAN MAHASISWA MENGIKUTI PBL-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-RIZKY PRATAMA SANTOSO-G1A016120-PENGALAMAN MAHASISWA MENGIKUTI PBL-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (225kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-RIZKY PRATAMA SANTOSO-G1A016120-PENGALAMAN MAHASISWA MENGIKUTI PBL-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-RIZKY PRATAMA SANTOSO-G1A016120-PENGALAMAN MAHASISWA MENGIKUTI PBL-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-RIZKY PRATAMA SANTOSO-G1A016120-PENGALAMAN MAHASISWA MENGIKUTI PBL-2021.pdf Download (187kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-RIZKY PRATAMA SANTOSO-G1A016120-PENGALAMAN MAHASISWA MENGIKUTI PBL-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (703kB) |
Abstract
akang: Problem based-learning (PBL) merupakan suatu metode pembelajaran dengan pendekatan memberlakukan masalah-masalah yang ada di lingkup kesehatan untuk dianalisis dengan berkelompok. Perlunya evaluasi terkait metode pembelajaran PBL yang telah berjalan sangat dibutuhkan dalam perkembangan strategi metode pembelajaran yang lebih baik. Terkait dengan hal ini, studi mengenai PBL perlu didalami berdasarkan data lapangan di pelbagai FK di Indonesia yang heterogen. Pentingnya studi lebih dalam terkait pengalaman yang diresapi mahasiswa Fakultas Kedokteran Unsoed dalam sebuah persepsi mengenai metode PBL yang telah berjalan dan pentingnya memahami apa saja yang dialami atau dirasakan mahasiswa Tujuan : Untuk mengetahui pengalaman mahasiswa tentang metode pembelajaran problem-based learning dalam kegiatan tutorial di Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Alat pengumpulan data penelitian adalah peneliti sendiri terjun ke lapangan. Kemudian melakukan wawncara mahasiswa Fakultas Kedokteran Unsoed lalu dianalisis dengan melakukan interpretasi data, yaitu peneliti akan melakukan sebuah penerjemahan dalam sebuah tema hasil penelitan dan melakukan deskripsi Hasil: Penelitian ini menunjukan terdapat kelebihan dan kekurangan dari metode pembelajaran PBL yang dirasakan oleh para mahasiswa. Kelebihan berupa dinamika kelompok diskusi, motivasi menjalani metode pembelajaran PBL, pembelajaran yang konstruktivis dan belajar secara mendalam. Kekurangan yang dirasakan dari para mahasiswa berupa beberapa hal yang dirasakan pada skenario kasus, peran tutor dalam diskusi, sarana penunjang pembelajaran dan PBL secara daring. Kesimpulan: Terdapat kelebihan dan kekurangan dari metode pembelajaran PBL yang dirasakan oleh para mahasiswa. Perlunya dilakukan evaluasi dan inovasi dalam implementasi metode Pembelajaran PBL.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G21128 |
Uncontrolled Keywords: | Fenomenologi, Kedokteran, Problem Based Learning (PBL) Medicine, Problem Based Learning (PBL), Phenomenology |
Subjects: | C > C559 College students M > M205 Medicine Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mr RIZKY PRATAMA SANTOSO |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 02:13 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 02:13 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10518 |
Actions (login required)
View Item |