Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Strategi Komunikasi Instruksional dalam Pembelajaran Kesenian Karawitan di Sanggar Seni Bakal Darimu Purbalingga

VALMA, Widsuya Arjun (2021) Strategi Komunikasi Instruksional dalam Pembelajaran Kesenian Karawitan di Sanggar Seni Bakal Darimu Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Widsuya Arjun Valma-F1C014057-Skripsi-2021.pdf

Download (240kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Widsuya Arjun Valma-F1C014057-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Widsuya Arjun Valma-F1C014057-Skripsi-2021.pdf

Download (335kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Widsuya Arjun Valma-F1C014057-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Widsuya Arjun Valma-F1C014057-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Widsuya Arjun Valma-F1C014057-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Widsuya Arjun Valma-F1C014057-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (594kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Widsuya Arjun Valma-F1C014057-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Widsuya Arjun Valma-F1C014057-Skripsi-2021.pdf

Download (548kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Widsuya Arjun Valma-F1C014057-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kesenian karawitan menjadi salah satu kesenian paling diminati kalangan orang tua. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa belajar karawitan, salah satu contohnya dengan belajar melalui sanggar seni yang menyediakan fasilitas untuk belajar karawitan. Sanggar seni “Bakal Darimu” di desa Bokol kabupaten Purbalingga, menjadi salah satu tempat yang memberikan pelatihan seputar kesenian bagi orang – orang yang berminat untuk mempelajari sebuah seni disana. sanggar seni “Bakal Darimu” tidak mengikat siapapun dari golongan manapun dan jenis kelamin apapun untuk ikut belajar disini. Dengan rentang usia yang berbeda, memerlukan pendekatan yang berbeda pula, tidak mungkin untuk mengajari orang tua disamakan caranya dengan mengajar anak – anak. Penulis memilih sanggar “Bakal Darimu” karena tertarik dengan kelompok orang tua yang menjadi anggora sanggar seni “Bakal darimu” yang pada kenyataan bahwa orang tua di desa Bokol yang mayoritas menjadi murid disana, membuat penulis ingin mengetahui metode dalam penyampaian informasi terkait karawitan, serta strategi di dalam proses pembelajaran kesenian karawitan. Peneliti memilih pendekatan kualitatif sebagai dasar penelitian dan menggunakan komunikasi instruksional sebagai landasan teori. Adapun teori belajar yang dibawa dalam penelitian ini adalah, teori belajar sosial milik Albert Bandura. Penggabungan metode yang dilakukan oleh Dwi Nugroho sebagai pengajar dengan strategi yang dilakukannya dalam pembelajaran maupun pembangunan lingkungan sanggar. Penulis sendiri pada akhirnya menemukan makna apa yang dimaksud dari berasal darimu dengan keterlibatan penulis dalam proses pembelajaran berlangsung, penulis sendiri dapat mengatakan kalau metode yang dilakukan di sanggar darimu, dapat dikatakan sebagai Metode Darimu. Sebuah metode yang dikembangkan untuk memajukan potensi kesenian dari desa Bokol dan warganya, yang didalamnya terdapat cara – cara pembelajaran karawitan seperti nyantrik dan meguru yang dipadukan dengan strategi pemilihan waktu dan tempat yang tidak mengikat tiap muridnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21263
Uncontrolled Keywords: Albert Bandura, Karawitan, Komunikasi Instruksional, Bakal Darimu
Subjects: C > C1006 Cultural property
C > C631 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Widsuya Arjun Valma
Date Deposited: 19 Aug 2021 08:42
Last Modified: 19 Aug 2021 08:42
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10736

Actions (login required)

View Item View Item