IQLIMAH, Adellia Rizka (2021) Pengaruh Self Efficacy, Disiplin Siswa dan Penyesuaian Diri terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis dengan Kemandirian Belajar sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Siswa di SMK Negeri 1 Purbalingga). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Adellia Rizka Iqlimah-C1L017034-Skripsi-2021.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Adellia Rizka Iqlimah-C1L017034-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Adellia Rizka Iqlimah-C1L017034-Skripsi-2021.pdf Download (45kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Adellia Rizka Iqlimah-C1L017034-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Adellia Rizka Iqlimah-C1L017034-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Adellia Rizka Iqlimah-C1L017034-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (526kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Adellia Rizka Iqlimah-C1L017034-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Adellia Rizka Iqlimah-C1L017034-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Adellia Rizka Iqlimah-C1L017034-Skripsi-2021.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Adellia Rizka Iqlimah-C1L017034-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pada siswa siswi kelas X SMK Negeri 1 Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh self efficacy, disiplin siswa dan penyesuaian diri terhadap prestasi belajar melalui kemandirian belajar sebagai variabel mediasi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Purbalingga yang mengambil mata pelajaran ekonomi bisnis. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 189 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh positif self efficacy terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis; kedua, terdapat pengaruh positif disiplin siswa terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis; ketiga, tidak terdapat pengaruh antara penyesuaian diri terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis; keempat, terdapat pengaruh positif kemandirian belajar terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis; kelima, kemandirian belajar memediasi pengaruh antara self efficacy terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis; keenam, kemandirian belajar memediasi pengaruh disiplin siswa terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis; ketujuh, kemandirian belajar memediasi pengaruh penyesuaian diri terhadap prestasi belajar ekonomi bisnis. Implikasi dari kesimpulan di atas yaitu : sekolah diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar dengan lebih memfokuskan pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan cara memantau kreativitas guru dalam mengajar, menerapkan aturan-aturan yang harus dipatuhi, memberikan kenyamanan pembelajaran, dan memberikan motivasi kepada siswa. Guru diharapkan lebih memperhatikan siswa dengan cara memberikan pembangkit positif kepada siswa, mampu berlaku tegas, mampu memberikan treatment, dan mampu menumbuhkan sikap mandiri pada siswa. Siswa diharapkan untuk merasa yakin atas kemampuan yang dimiliki, meningkatkan sikap disiplin, mudah menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di lingkungan, dan mampu meningkatkan kemandirian agar dapat memperoleh prestasi belajar yang baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C21255 |
Uncontrolled Keywords: | Self Efficacy, Disiplin Siswa, Penyesuaian Diri, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement I > I258 Internet in education S > S775 Study skills |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Adellia Rizka Iqlimah |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 02:08 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 02:08 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10759 |
Actions (login required)
View Item |