Political Marketing Calon Kepala Desa Dalam Memenangkan Pemilihan Kepala Desa Tahun 2019 di Desa Sikapat, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas

RAHMAWATI, Resti (2021) Political Marketing Calon Kepala Desa Dalam Memenangkan Pemilihan Kepala Desa Tahun 2019 di Desa Sikapat, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (LEGALITAS)
10. Legalitas Resti Rahmawati F1D017023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Abstrak)
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab1)
3. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] PDF (Bab3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] PDF (Bab4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] PDF (Bab5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Lampiran-lampiran)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berlakunya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah mengharuskan pemilihan kepala daerah dilaksanakan secara langsung, termasuk pemilihan kepala desa. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, untuk menerapkan prinsip-prinsip demokrasi dalam pemilihan kepala desa, maka kandidat calon kepala desa dapat menggunakan pendekatan marketing untuk menyampaikan produk politiknya kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan political marketing calon kepala desa dalam memenangkan pemilihan kepala desa tahun 2019 di Desa Sikapat, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi lapangan. Jenis dan sumber data yang akan digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer yang akan digunakan dalam penelitian ini bersumber dari wawancara dengan informan yaitu kepala desa terpilih,mantan panitia pilkades, tim sukses, dan tokoh masyarakat. Sedangkan data sekunder adalah sumber data penelitian yang diperoleh melalui perantara atau data yang sudah tercatat dalam buku, dokumentasi berupa foto, maupun berasal dari suatu laporan. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri yang dalam pelaksanaannya menggunakan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa political marketing yang diterapkan oleh kandidat calon kepala desa Sikapat-dalam hal ini Sunar Suchedi menggunakan pendekatan Partai Berorientasi Produk (Product Oriented Party/POP) di mana beliau memfokuskan produk politik yang dimiliki. Kata kunci: political marketing, strategi kampanye, pilkades

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21271
Uncontrolled Keywords: Political Marketing, Strategi Kampanye, Pilkades
Subjects: M > M80 Marketing
P > P402 Politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Mrs Resti Rahmawati
Date Deposited: 24 Aug 2021 09:42
Last Modified: 24 Aug 2021 09:47
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10856

Actions (login required)

View Item View Item