Implementasi Kebijakan Pembangunan Balkondes (Balai Ekonomi Desa) Karangrejo Dalam Program CSR-BUMN Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang

MAHARDIKA, Anisa Setya (2021) Implementasi Kebijakan Pembangunan Balkondes (Balai Ekonomi Desa) Karangrejo Dalam Program CSR-BUMN Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Anisa Setya Mahardika-F1B017027-Skripsi-2021.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anisa Setya Mahardika-F1B017027-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anisa Setya Mahardika-F1B017027-Skripsi-2021.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Anisa Setya Mahardika-F1B017027-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Anisa Setya Mahardika-F1B017027-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Anisa Setya Mahardika-F1B017027-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Anisa Setya Mahardika-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Anisa Setya Mahardika- Skripsi- 2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Daftarpustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anisa Setya Mahardika-F1B017027-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anisa Setya Mahardika-F1B017027-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementsi Kebijakan Pembangunan Balkondes (Balai Ekonomi Desa) Karangrejo Kecamatan Borobudur. Judul tersebut dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber daya manusia yang bekerja dalam bidang marketing, kompetensi dan kemampuan pelakasna kebijakan yang kurang khususnya dalam marketing Balkondes, kurangya promosi dan pengetahuan mendalam masyarakat Karangrejo mengenai Balkondes, dan sehingga masayarakat menganggap kurang optimalnya pencapaian tujuan Balkondes sebagai kegiatan ekonomi desa. Penelitian ini merupakan penelitian implementasi kebijakan dengan menggunakan model implementasi kebijakan yang dikembangkan oleh Lester dan Stewart dengan pendekatan proses dan hasil serta mengunakan model Edward III dengan empat variabel yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana implementasi Kebijakan Pembangunan Balkondes Karangrejo dalam Program CSR-BUMN Kecamatan Borobudur, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pembangunan balkondes Karangrejo dalam program CSR-BUMN sudah berjalan dengan cukup baik. proses pembangunan balkondes berjalan sesuai aturan CSR Pasal 1 ayat 3 No 40 Tahun 2007 yang kemudian BUMN memberikan dana hibah untuk pembangunan balkondes, aktor implementasi dan masyarakat Karangrejo mendukung adanya balkondes. Output (hasil) dari balkondes selama ini mengalami kenaikan omset yang kemudian diberikan kepada desa sebagai bentuk PADes dimanfaatkan dan digunakan untuk kepentingan masyarakat desa Karangrejo sebagai wujud pencapaian tujuan balkondes. Ada beberapa kendala seperti kurangnya partisipasi masayarakat, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai balkondes, serta kurangnya sumberdaya manusia yang bekerja dalam bidang marketing. Faktor yang mempengaruhi implementasi ini komunikasi antar aktor pelaksana dengan sasran kebijakan yang baik, sumberdaya manusia dan financial yang cukup, disposisi pengelola balkondes yang demokratis serta struktur birokrasi yang sesuai dengan kemampuan dan jobdesk masing-masing karyawan. Faktor penghambatnya antara lain rendahnya partisipasi masyarakat, kurang pemahaman masayarakat mengenai balkondes, dan rendahnya sumberdaya manusia yang mengerti tentang marketing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21187
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Pembangunan,Balkondes, CSR-BUMN
Subjects: E > E41 Economic development
S > S446 Social responsibility of business
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Anisa Setya Mahardika
Date Deposited: 24 Aug 2021 14:09
Last Modified: 24 Aug 2021 14:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/10924

Actions (login required)

View Item View Item