Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Partisispasi Forum Anak Banyumas dalam Mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Banyumas Ditinjau dari Perspektif Multi Stakeholder Partnerships

ALVIANA, Irma (2021) Partisispasi Forum Anak Banyumas dalam Mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Banyumas Ditinjau dari Perspektif Multi Stakeholder Partnerships. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Irma Alviana-F1B017028-Skripsi-2017.pdf

Download (229kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Irma Alviana-F1017028-Skripsi-2017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Irma Alviana-F1B017028-Skripsi-2017.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Irma Alviana-F1B017028-Skripsi-2017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Irma Alviana-F1B017028-Skripsi-2017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Irma Alviana-F1B017028-Skripsi-2017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Irma Alviana-F1B017028-Skripsi-2017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Irma Alviana-F1B017028-Skripsi-2017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Irma Alviana-F1B017028-Skripsi-2017.pdf

Download (441kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Irma Alviana-F1B017028-Skripsi-2017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Partisipasi Forum Anak Banyumas dalam Mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Banyumas Ditinjau dari Perspektif Multi Stakeholder Partnerships. Judul tersebut dilatar belakangi karena Forum Anak merupakan suatu organisasi yang di bentuk langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai wadah partisipasi bagi anak dalam pembangunan yang menjembatani aspirasi anak kepada pemerintah. Kota/Kabupaten Layak Anak juga merupakan program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang bertujuan untuk mengintegrasikan komitmen, sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan dan program ataupun kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak-hak anak pada suatu kota/kabupaten. Maka dari itu keberadannya saling berkaitan satu sama lain, sehingga dengan hadirnya Forum Anak Banyumas dapat dianalisis partisipasinya sebagai upaya mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui partisipasi Forum Anak Banyumas dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Banyumas ditinjau dari perspektif multi stakeholder partnerships. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan yang menghasilkan data deskriptif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Forum Anak Banyumas dibentuk dengan Surat Keputusan Bupati Banyumas, di bina oleh Bupati Banyumas, dan difasilitasi oleh para fasilitator. Namun, hubungan antara fasilitator dengan Forum Anak Banyumas belum terjalin dengan erat karena tugas fasilitator yang kondisional apabila Forum Anak membutuhkan bantuan. Untuk program Kabupaten Layak Anak merupakan tanggung jawab dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk Forum Anak Banyumas yang dimasukan kedalam Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Banyumas. Forum Anak Banyumas termasuk dalam salah satu indikator cluster kelembagaan, yang bertanggung jawab dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak. Oleh karena itu, untuk membantu mewujudkan Kabupaten Layak Anak kini telah terbentuk Forum Anak di 27 kecamatan se-Banyumas, dan sedang di targetkan pembentukan Forum Anak di seluruh desa/kelurahan. Kegiatan Forum Anak Banyumas dipantau dan dievaluasi langsung oleh Bupati Banyumas sebagai pembina dan Kepala Seksi Pemenuhan Hak Anak DPPKBP3A sebagai pengampu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21300
Uncontrolled Keywords: Forum Anak Banyumas, Kabupaten Layak Anak, Partisipasi Anak, Multi Stakeholder Partnerships
Subjects: C > C257 Children
G > G193 Government policy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Irma Alviana
Date Deposited: 27 Aug 2021 06:58
Last Modified: 27 Aug 2021 06:58
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11142

Actions (login required)

View Item View Item