AMALIA, Rizky (2021) Pengelolaan Marketing Public Relations dalam Meningkatkan Reputasi IAIN Purwokerto. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rizky Amalia-F2C018011-Tesis-2021.pdf.pdf Download (213kB) |
|
PDF (LEGALITAS)
LEGALITAS-Rizky Amalia-F2C018011-Tesis-2021.pdf .pdf Restricted to Repository staff only Download (871kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rizky Amalia-F2C018011-Tesis-2021.pdf..pdf Download (212kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Rizky Amalia-F2C018011-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Rizky Amalia-F2C018011-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (908kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Rizky Amalia-F2C018011-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rizky Amalia-F2C018011-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Rizky Amalia-F2C018011-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rizky Amalia-F2C018011-Tesis-2021-pdf.pdf Download (339kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rizky Amalia-F2C018011-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
Abstract
Di persaingan global dan kompetisi yang semakin ketat, sumber daya manusia dianggap sebagai salah satu faktor yang paling penting dan memainkan peranan dalam menjaga keberlanjutan organisasi, kredibilitas, serta terciptanya kepercayaan publik (Kalangi, 2015). Lembaga pendidikan harus memiliki terobosan dalam riset dan pengembangan yang mendukung Revolusi Industri 4.0 untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas perkembangan Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi yang memiliki reputasi yang baik akan diminati oleh masyarakat. IAIN Purwokerto merupakan salah satu lembaga Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. IAIN Purwokerto merupakan pengembangan dan alih status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Purwokerto berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 139 tahun 2014 tentang perubahan STAIN Purwokerto menjadi IAIN Purwokerto. IAIN Purwokerto sejak awal brand image-nya dikenal sebagai lembaga pendidikan dengan core business utamanya adalah mengenai pengetahuan Agama. Keberadaan Humas di IAIN Purwokerto menjadi unik karena tidak ada bagian humas secara kelembagaan, namun secara fungsi kehumasan tetap di jalankan.Membangun suatu reputasi dan menjaga kepercayaan masyarakat merupakan salah satu langkah penting bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri untuk menghadapi persaingan. Oleh karena itu, dalam tesis ini peneliti menganalisa mengenai pengelolaan marketing public relations di IAIN Purwokerto dalam meningkatkan Reputasi IAIN Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teori marketing public relations dan teori kelembagaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan marketing public relations di IAIN Purwokerto, salah satu yang digunakan sebagai ajang promosi IAIN Purwokerto ke masyarakat adalah dengan melakukan sosialisasi, IAIN Purwokerto juga melakukan promosi dengan cara menyediakan beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi maupun yang kurang mampu. Misalnya beasiswa Tahfidz, beasiswa bidikmisi, beasiswa prestasi, dan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Selain itu juga IAIN Purwokerto melakukan kegiatan hubungan masyarakat yang secara tidak langsung turut mempromosikan dan menjaga citra Perguruan Tinggi melalui Program Kuliah Kerja Nyata. Program ini sekaligus sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. IAIN Purwokerto juga mengadakan kerjasama dibawah naungan Wakil Rektor 3 bidang Kemahasiswaan dan Alumni. Marketing public relations yang dilakukan di IAIN Purwokerto melalui banyak cara sebagai upaya untuk meningkatkan reputasi IAIN Purwokerto. Karena peran humas di institusi belum terlalu efektif, maka dalam prakteknya tiap Fakultas yang ada di IAIN Purwokerto juga berupaya untuk melakukan kegiatan marketing public relations. Untuk mempertahankan reputasi IAIN Purwokerto, pimpinan di IAIN Purwokerto membuat suatu tim untuk menembus batas-batas yang tidak bisa dilakukan oleh humas. Tim tersebut dinamakan Tim Media. Tim media membantu peran humas yang selama ini masih belum efektif dan optimal. Kata Kunci : humas, marketing public relations, tim media
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P21197 |
Uncontrolled Keywords: | humas, marketing public relations, tim media |
Subjects: | M > M35 Management M > M80 Marketing P > P644 Public relations |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs RIZKY AMALIA |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 08:37 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 08:37 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11187 |
Actions (login required)
View Item |