NAELANA, Yuva (2021) Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Aplikasi Lapor Bupati Tegal. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1-Cover-Yuva N-F2C018006-Tesis-2021.pdf Download (124kB) |
|
PDF (Legalitas)
2-Legalitas-Yuva N-F2C018006-Tesis-2021 (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (735kB) |
|
PDF (Abstrak)
3-Abstrak-Yuva N-F2C018006-Tesis-2021.pdf Download (177kB) |
|
PDF (BabI)
4-Bab-I-Yuva N-F2C018006-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
|
PDF (BabII)
5-Bab-II-Yuva N-F2C018006-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
PDF (BabIII)
6-Bab-III-Yuva N-F2C018006-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
PDF (BabIV)
7-Bab-IV-Yuva N-F2C018006-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
8-Bab-V-Yuva N-F2C018006-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9-Daftar Pustaka-Yuva N-F2C017006-Tesis-2021.pdf Download (173kB) |
|
PDF (Lampiran)
10-Lampiran-Yuva N-F2C018006-Tesis-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
Abstract
ABSTRAK Pemerintah Kabupaten Tegal sebagai pengelola pelayanan publik terus berupaya meningkatkan pelayanan prima untuk masyarakatnya. Termasuk di antaranya pelayanan atas kebutuhan informasi dan komunikasi publik. Humas Pemerintah Kabupaten Tegal sebagai unit kerja yang bertanggung jawab atas manajemen komunikasi di lingkungan pemerintah juga terus berupaya untuk berinovasi dalam menyediakan sarana komunikasi dua arah. Keterbukaan Informasi Publik menjadikan Humas Pemerintah Kabupaten Tegal semakin bekerja keras dalam memberikan respon cepat dan tanggap termasuk dalam mengelola aduan masyarakat. Humas Pemerintah Kabupaten Tegal telah merancang aplikasi layanan aduan masyarakat dengan sistem manajemen humas agar dapat memberikan respon cepat terhadap aduan masyarakat. Aplikasi Lapor Bupati Tegal merupakan kanal aduan masyarakat yang terintegrasi dengan 33 urusan publik agar aduan masyarakat dapat segera ditindaklanjuti oleh instansi terkait. Oleh sebab itu penelitian ini membahas bagaimana tahapan manajemen Humas Pemerintah Kabupaten Tegal dalam Aplikasi Lapor Bupati Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teori sistem dan relationship management theory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas Pemerintah Kabupaten Tegal tidak melaksanakan keseluruhan tahapan dalam manajemen humas. Dalam penelitian ini peneliti menemukan praktisi humas Pemerintah Kabupaten Tegal dalam merancang program Aplikasi Lapor Bupati Tegal hanya melaksanakan tahapan mendefinisikan masalah hingga perencanaan dan pemrograman. Pada tahap tindakan dan berkomunikasi serta evaluasi Humas Pemerintah Kabupaten Tegal dinilai belum maksimal melaksanakannya. Humas Pemerintah Kabupaten Tegal sudah baik dalam menjalankan perannya sebagai fasilitator komunikasi publik sesuai dengan peran humas yang dijelaskan dalam teori sistem dan relationship management theory. Tahapan manajemen humas yang belum terlaksana dengan baik menjadikan Aplikasi Lapor Bupati Tegal masih dinilai sporadis dalam menanggapi aduan masyarakat. Kata Kunci: Humas Pemerintah Kabupaten Tegal, Manajemen Hubungan Masyarakat, Fasilitator Komunikasi Publik, Layanan Aduan Masyarakat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P21191 |
Uncontrolled Keywords: | Humas Pemerintah Kabupaten Tegal, Manajemen Hubungan Masyarakat, Fasilitator Komunikasi Publik, Layanan Aduan Masyarakat. |
Subjects: | M > M35 Management P > P644 Public relations |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mrs Yuva Naelana |
Date Deposited: | 01 Sep 2021 02:17 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 02:17 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11229 |
Actions (login required)
View Item |