Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Aplikasi Internet, Biaya Pengelolaan, Modal Usaha dan Tenaga Kerja terhadap Total Revenue pada UMKM Kerajinan Bambu di Kecamatan Borobudur

SAPUTRO, Wahyu (2021) Pengaruh Aplikasi Internet, Biaya Pengelolaan, Modal Usaha dan Tenaga Kerja terhadap Total Revenue pada UMKM Kerajinan Bambu di Kecamatan Borobudur. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER_WAHYU AJI SAPUTRO_C1A016093.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS_WAHYU AJI SAPUTRO_C1A016093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAKSI_WAHYU AJI SSAPUTRO_C1A016093.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB I_WAHYU AJI SAPUTRO_C1A016093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB II_WAHYU AJI SAPUTRO_C1A016093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB III_WAHYU AJI SAPUTRO_C1A016093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
7, BAB IV_WAHYU AJI SAPUTRO_C1A016093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB V_WAHYU AJI SAPUTRO_C1A016093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA_WAHYU AJI SAPUTRO_C1A016093.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN_WAHYU AJI SAPUTRO_C1A016093.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu kegiatan yang berpengaruh dalam upaya pembangunan ekonomi adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pengaruh tingkat intensitas penggunaan media sosial whatsapp, facebook, instagram, biaya pengelolaan media sosial, modal usaha serta tenaga kerja terhadap Total Revenue dan Menganalisis variabel yang paling berpengaruh terhadap Total Revenue pada UMKM Kerajinan Bambu di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. sampel dalam penelitian ini sebanyak 31 pelaku usaha UMKM kerajinan bambu di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang ditentukan menggunakan menggunakan teknik simple random sampling. teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari setiap variabel penelitian. Dalam penelitian ini dari 31 responden yang digunakan sebanyak 26 responden telah memanfaatkan social commerce sebagai media pemasaran produk dan 5 responden belum tertarik untuk menggunakanya. Kebaruan dalam penelitian ini adalah bahwa penelitian ini bukan hanya membahas mengenai pemanfaatan media social akan tetapi juga menganalisis mengenai perilaku produksi pengusaha UMKM kerajinan bambu melalui variabel modal usaha dan tenaga kerja. Penelitian ini menemukan bahwa variabel intensitas penggunaan aplikasi whatsapp, intensitas penggunaan aplikasi instagram, biaya pengelolaan aplikasi dan modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen, sedangkan variabel intensitas penggunaan aplikasi facebook berpengaruh secara negatif dan signifikan serta variabel tenaga kerja tidak berpengaruh terhadap variabel dependen pada UMKM Kerajinan Bambu di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Berdasarkan hasil uji elastisitas dalam penelitian ini variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap Total Revenue pada UMKM kerajinan bambu di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang adalah variabel intensitas penggunaan aplikasi instagram. Dalam penelitian ini, peneliti terbatas pada 6 variabel independen yang digunakan sedangkan masih banyak variabel yang dapat mempengaruhi Total Revenue pada UMKM kerajinan bambu di Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Oleh karena itu diharapkan untuk penelitian selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan penelitian ini dengan variabel – variabel baru atau dengan menggunakan alat analisis yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C21348
Uncontrolled Keywords: Total Revenue, Modal Usaha, Tenaga Kerja, Aplikasi Media Sosial, Biaya Pengelolaan, UMKM.
Subjects: I > I60 Income
S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mr Wahyu Aji Saputro
Date Deposited: 15 Oct 2021 00:44
Last Modified: 15 Oct 2021 00:44
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11652

Actions (login required)

View Item View Item