ZAHARA, Khansa Izzul (2021) Perlindungan Hukum terhadap Konsumen dalam Melakukan Pemesanan Apartemen berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi Putusan Nomor 45/Pdt.G/2019/PN.Jkt.Sel). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Khansa Izzul Zahara-E1A017276-Skripsi-2021.pdf Download (207kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Khansa Izzul Zahara-E1A017276-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Khansa Izzul Zahara-E1A017276-Skripsi-2021.pdf Download (99kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Khansa Izzul Zahara-E1A017276-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Khansa Izzul Zahara-E1A017276-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Khansa Izzul Zahara-E1A017276-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Khansa Izzul Zahara-E1A017276-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Khansa Izzul Zahara-E1A017276-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Khansa Izzul Zahara-E1A0172760-Skripsi-2021.pdf Download (102kB) |
Abstract
Perlindungan Hukum terhadap konsumen pengguna suatu barang dan/atau jasa masih sangat lemah di Indonesia. Perlindungan Hukum terhadap konsumen sendiri padahal sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, tetapi tidak jarang konsumen masih merasa dirugikan atas penggunaan barang dan/ atau jasa yang diberikan oleh pelaku usaha. Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dalam kasus pemesanan apartemen yang tidak diserahkan sesuai waktu yang diperjanjikan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis normatif, spesifikasi penelitian adalah deskriptif analisis dengan menggunakan data sekunder yang disajikan dengan uraian secara sistematis dan logis, kemudian dianalisis secara normatif-kualitatif . Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor 45/Pdt.G/2019/PN.Jkt.Sel. sebagai bukti upaya penegakan perlindungan hukum konsumen, khususnya konsumen apartemen. PT. Prospek Duta Sukses sebagai pelaku usaha terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan wanprestasi (ingkar janji) serta melanggar hak konsumen yang diatur dalam Pasal 4 huruf (d) dan (h) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Hakim juga menghukum PT. Prospek Duta Sukses untuk membayar ganti kerugian kepada pemesan apartemen sejumlah uang yang telah dibayarkan untuk melakukan pemesanan apartemen.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | E21267 |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Hukum, Konsumen, Apartemen |
Subjects: | C > C792 Consumer protection L > L76 Law and legislation |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Mrs Khansa Izzul Zahara |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 01:51 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 01:51 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11694 |
Actions (login required)
View Item |