Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

HENDRA, Agus (2021) Analisis Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (BabI)
Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini meneliti perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini mengambil judul: “Analisis Pengaruh Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas (Studi pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di BEI. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sejumlah 41 perusahaan dalam 4 tahun pengamatan menggunakan purposive sampling dalam penentuan sampelnya. Berdasarkan hasil penelitian ini dan analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa: (1) Struktur Modal secara parsial tidak berpengaruh positif signifikan terhadap Profitabilitas, (2) Ukuran Perusahaan secara parsial berpengaruh negatif signifikan terhadap Profitabilitas, (3) Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan secara simultan berpengaruh positif tergadap Profitabilitas. Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu perusahaan perbankan dalam usahanya dalam meningkatkan profitabilitas sebaiknya mempertimbangkan kebijakan yang berkaitan dengan struktur modal dan ukuran perusahaan. Upaya yang berkaitan dengan struktur modal yang dapat dilakukan perusahaan adalah perusahaan sebaiknya mempertimbangkan resiko dalan menggunakan sumber pendanaan utang untuk meningkatkan profitabilitas dengan sebaik mungkin yaitu dengan tingkat resiko pelunasan kewajiban tidak sampai tingkat yang dapat berdampak penurunan profitabilitas. Upaya yang berkaitan dengan ukuran perusahaan yang dapat dilakukan perusahaan adalah perusahaan perlu mempertimbangkan bahwa peningkatan ukuran perusahaan selain memberi keuntungan ekonomis dapat menambah beban biaya juga sehingga perusahaan sebaiknya memastikan keuntungan yang didapat lebih besar dari beban yang ditanggung sebelum melakukan peningkatan ukuran. Kata Kunci : Struktur Modal, Ukuran, Profotabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C21365
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal, Ukuran, Profotabilitas
Subjects: B > B36 Banks and banking
P > P555 Profit
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mr Agus Hendra
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:39
Last Modified: 01 Nov 2021 01:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11777

Actions (login required)

View Item View Item