TSANY, Luna (2021) Konstruksi Identitas Lolicon di Indonesia (Studi Etnografi Virtual Pelaku Lolicon pada Media Sosial Facebook). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-LUNA TUSTIKA AVISA TSANY-J1C017009-SKRIPSI-2021.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Luna Tustika Avisa Tsany-J1C017009-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Luna Tustika Avisa Tsany-J1C017009-Skripsi-2021.pdf Download (214kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Luna Tustika Avisa Tsany-J1C017009-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Luna Tustika Avisa Tsany-J1C017009-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Luna Tustika Avisa Tsany-J1C017009-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Luna Tustika Avisa Tsany-J1C017009-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Luna Tustika Avisa Tsany-J1C017009-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Luna Tustika Avisa Tsany-J1C017009-Skripsi-2021.pdf Download (286kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Luna Tustika Avisa Tsany-J1C017009-Skripsi-2021.pdf Restricted to Repository staff only Download (897kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan para pelaku lolicon dalam mengonstruksi identitas berdasarkan pada aktivitasnya di media sosial Facebook menggunakan tiga premis Herbert Blumer pada teori interaksionisme simbolik yaitu meaning (makna), language (bahasa/interaksi) dan thought (pikiran/interpretasi). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan etnografi virtual sebagai pendekatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses konstruksi identitas lolicon Indonesia di media sosial Facebook sesuai dengan tiga premis Blumer dalam teori interaksionisme simbolik. Keenam informan dalam penelitian ini memiliki kesamaan dalam memaknai hal-hal yang berhubungan dengan karakter loli, sehingga sejalan dengan premis pertama Blumer yaitu meaning. Pemaknaan tersebut kemudian berlanjut pada intensnya penggunaan Facebook untuk menyampaikan simbol dan istilah tertentu sebagai cara dalam berkomunikasi dengan sesama penggemar karakter loli, sehingga sesuai dengan premis kedua Blumer yaitu language. Para penggemar loli yang mulai berpikir bahwa diri mereka adalah lolicon serta adanya keberagaman interpretasi tentang hal tersebut juga mencerminkan premis ketiga Blumer yaitu thought. Ketiga hal tersebut menjadi faktor terbentuknya identitas sebagai seorang lolicon. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan media sosial Facebook secara intens dapat membentuk identitas seseorang, dan globalisasi berperan besar terhadap penyebaran budaya populer Jepang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J21232 |
Uncontrolled Keywords: | Etnografi Virtual, Facebook, Konstruksi Identitas, Lolicon |
Subjects: | C > C1010 Culture I > I252 Internet J > J8 Japanese |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | Mrs Luna Tustika Avisa Tsany |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 07:06 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 07:06 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/11884 |
Actions (login required)
View Item |