Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Keterampilan Komunikasi Apoteker di Banyumas terhadap Kepuasan dan Loyalitas Masyarakat Kecamatan Purwokerto Barat

MUMTAZ, Alifia Ema (2021) Pengaruh Keterampilan Komunikasi Apoteker di Banyumas terhadap Kepuasan dan Loyalitas Masyarakat Kecamatan Purwokerto Barat. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Alifia Ema Mumtaz-I1C017092-Skripsi-2021.pdf.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Alifia Ema Mumtaz-I1C017092-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (990kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Alifia Ema Mumtaz-I1C017092-Skripsi-2021.pdf

Download (187kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Alifia Ema Mumtaz-I1C017092-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Alifia Ema Mumtaz-I1C017092-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Alifia Ema Mumtaz-I1C017092-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Alifia Ema Mumtaz-I1C017092-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Alifia Ema Mumtaz-I1C017092-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Alifia Ema Mumtaz-I1C017092-Skripsi-2021.pdf.pdf

Download (289kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Alifia Ema Mumtaz-I1C017092-Skripsi-2021.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang : Perubahan paradigma pelayanan kefarmasian yang semula drug oriented menjadi patient oriented menuntut apoteker untuk terus mengembangkan keterampilanya khususnya dalam berkomunikasi dengan pasien. Indikator yang dapat digunakan untuk mengevaluasi keterampilan komunikasi apoteker adalah kepuasan dan loyalitas masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan komunikasi apoteker di Banyumas terhadap loyalitas masyarakat Kecamatan Purwokerto Barat secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Metodologi : Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dengan metode cross-sectional. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan jumlah total sampel 109 responden. Data dianalisis menggunakan metode pathway analysis dan uji sobel untuk mengetahui pengaruh keterampilan komunikasi terhadap loyalitas secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Hasil Penelitian : Apoteker di Banyumas dinilai memiliki keterampilan komunikasi cukup baik (63,3%). Mayoritas tingkat kepuasan pasien dan loyalitas masyarakat Purwokerto Barat berada pada kategori sedang (55,2;55,9%). Terdapat pengaruh signfikan dan positif secara langsung antrara keterampilan komunikasi terhadap loyalitas (p-value<0,001;β=0,315) dan secara tidak langsung melalui kepuasan (p-value<0,00; β=0,839;0,579; z score=6,39). Kesimpulan : Keterampilan komunikasi apoteker memiliki pengaruh yang signifikan dan positif secara langsung dan tidak langsung terhadap loyalitas yang dimediasi kepuasan sebagai variabel intervening (p-value<0,001).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I21219
Uncontrolled Keywords: Apoteker, Apotek, Keterampilan Komunikasi, Kepuasan, Loyalitas
Subjects: C > C631 Communication
M > M183 Medical personnel
P > P200 Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Mrs Alifia Ema Mumtaz
Date Deposited: 18 Nov 2021 03:24
Last Modified: 18 Nov 2021 03:24
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12075

Actions (login required)

View Item View Item