Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Kesiapan Belajar, Kreativitas Guru dan Penggunaan Media Internet sebagai Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Banyumas

FEBRIANTI, Lisa (2021) Pengaruh Kesiapan Belajar, Kreativitas Guru dan Penggunaan Media Internet sebagai Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN 1 Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Lisa Febrianti-C1L016036-Skripsi-2021.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Lisa Febrianti-C1L016036-Skripsi-2021,.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Lisa Febrianti-C1L016036-Skripsi-2021.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Lisa Febrianti-C1L016036-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Lisa Febrianti-C1L016036-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Lisa Febrianti-C1L016036-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Lisa Febrianti-C1L016036-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Lisa Febrianti-C1L016036-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Lisa Febrianti-C1L016036-Skripsi-2021.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Lisa Febrianti-C1L016036-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif pada kelas XI IPS MAN 1 Banyumas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pengaruh kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MAN 1 Banyumas; (2) Pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar siswa di MAN 1 Banyumas; (3) Pengaruh penggunaan media internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa di MAN 1 Banyumas. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS MAN 1 Banyumas. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 108 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Uji F, Uji t, dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan SPSS 26 menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif antara kesiapan belajar terhadap prestasi belajar siswa di MAN 1 Banyumas; (2) Terdapat pengaruh positif antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di MAN 1 Banyumas; (3) Terdapat pengaruh positif antara penggunaan media internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa di MAN 1 Banyumas. Implikasi dari penelitian ini ialah dalam upaya meningkatkan prestasi belajar, diharapkan pihak sekolah meningkatkan kesiapan belajar siswa maupun kesiapan belajar gurunya dengan membuat peraturan – peraturan baru terkait dengan peningkatan segala sesuatu yang berhubungan dengan kesiapan belajar seperti menyediakan berbagai fasilitas belajar yang memadai, menciptakan kondisi lingkungan belajar yang baik, kemudian meningkatkan pelayanan akademik dengan baik. Diharapkan pihak sekolah juga dapat meningkatkan dan mengembangkan fasilitas sekolah khususnya perkembangan teknologi media internet serta meningkatkan kualitas kreativitas guru seperti mengadakan pelatihan dan pengembangan guru dalam mengajar dan yang lainnya. Kata Kunci: Kesiapan Belajar, Kreativitas Guru, Penggunaan Media Internet sebagai Sumber Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C21414
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Belajar, Kreativitas Guru, Penggunaan Media Internet sebagai Sumber Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: A > A19 Academic achievement
C > C843 Cooperative learning
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Lisa Febrianti
Date Deposited: 25 Nov 2021 07:03
Last Modified: 25 Nov 2021 07:03
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12260

Actions (login required)

View Item View Item