Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Migrasi Internasional Kembali dan Penggunaan Remitan Keluarga TKW di Desa Bojongsari Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap

FAUZI, Fani Rahmat (2019) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Migrasi Internasional Kembali dan Penggunaan Remitan Keluarga TKW di Desa Bojongsari Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
2 COVER.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Legalitas)
3 LEGALITAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Abstrak)
4 Abstrak_1.pdf

Download (312kB)
[img] PDF (BabI)
5 BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (BabII)
6 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (BabIII)
7 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (BabIV)
8 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (BabV)
9 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
11 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)

Abstract

Migrasi internasional menjadi solusi masalah kemiskinan dengan pendapatan yang diperoleh darinya berupa remitan. Remitan dapat mengentaskan seseorang dari kemiskinan apabila digunakan secara benar. Namun kenyataannya banyak TKW yang pulang ke daerah asal memutuskan untuk bermigrasi kembali bahkan melakukannya lebih dari dua kali baik kenegara tempat bekerja sebelumnya maupun ke negara tujuan yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan remitan keluarga TKW dan menganalisis pengaruh umur, pendidikan, jumlah tanggungan, pendapatan di negara tujuan, dan pengalaman kerja terhadap minat migrasi internasional kembali. Populasi yang digunakan adalah mantan Tenaga Kerja Wanita (TKW ) di Desa Bojongsari Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap yang berjumlah 253 orang. Sedangkan jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 76 sampel. Pengambilan sampel menggunakan metode Simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel jumlah tanggungan dan pengalaman kerja berpengaruh positif dan terbukti signifikan, variabel umur berpengaruh negatif dan terbukti signifikan, sedangkan variabel pendidikan dan pendapatan di negara tujuan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat migrasi internasional kembali. penggunaan remitan keluarga TKW di Desa Bojongsari dialokasikan untuk pemenuhan konsumsi 51,92%, investasi 48,08%, dan modal kerja 1,68%. Penggunaan remitan keluarga buruh migran di Desa Bojongsari terfokus pada pemenuhan kebutuhan konsumsi. Implikasi dari penelitian ini adalah pertama, adanya upaya yang dilakukan oleh TKW yang bekerja di luar negeri untuk dapat membuka rekening tabungan dari sebagian pendapatannya, kemudian para keluarga TKW di daerah asal diupayakan untuk bisa mengikuti platihan-pelatihan terkait dengan kewirausahaan dan literasi keuangan. Kedua adalah adanya upaya dari para TKWuntuk mengatur batasan umur maksimal ketika bekerja di luar negeri, kemudian pemerintah diupayakan untuk terus meningkatkan pelayanan perlindungan dan pemberdayaan terhadap TKW.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C20008
Uncontrolled Keywords: Migrasi Internasional, Remitan, TKW.
Subjects: E > E224 Employment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:33
Last Modified: 05 Jan 2022 06:33
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12562

Actions (login required)

View Item View Item