Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pengemudi Becak dan Perbandingan Pendapatan Antara Pengemudi Becak Bermotor dengan Manual di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen

PAMBUDI, Faizal Sidik (2020) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Pengemudi Becak dan Perbandingan Pendapatan Antara Pengemudi Becak Bermotor dengan Manual di Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover-Faizal Sidik Pambudi-C1A015047.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas-Faizal Sidik Pambudi-C1A015047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak-Faizal Sidik Pambudi-C1A015047.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bab I-Faizal Sidik Pambudi-C1A015047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II-Faizal Sidik Pambudi-C1A015047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III-Faizal Sidik Pambudi-C1A015047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab-IV-Faizal Sidik Pambudi-C1A015047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] PDF (BabV)
Bab-V-Faizal Sidik Pambudi-C1A015047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka-Faizal Sidik Pambudi-C1A015047.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Faizal Sidik Pambudi-C1A015047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Perbandingan Pendapatan Pengemudi Becak Bermotor dengan Manual di Kecamatan KebumenKabupaten Kebumen”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubunganantara variabel usai, jam kerja, dan jumlah tanggungan keluarga denganpendapatan pengemudi becak serta mengetahui perbandingan pendapatanantara pengemudi becak bermotor dengan manual di Kecamatan Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan dataprimer yang di peroleh dengan cara wawancara kepada pengemudi becak.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengemudi becak bermotordengan manual di sekitar Kecamatan Kebumen. Pengambilan sampelmenggunakan rumus slovin yang mengkan ukuran sampel sebesar 57pengemudi becak. Sampel tersebut akan dibagi dalam sub sampel denganmenggunakan proportionate random sampling sehingga didapatkan jumlahsampel sebesar 36 pengemudi becak bermotor dan 21 pengemudi becakmanual. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah regresilinier berganda. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel jamkerja dan jumlah tanggungan becak berpengaruh positif terhadappendapatan pengemudi becak, sedangkan variabel usia berpengaruh negatifterhadap pendapatan pengemudi becak di Kecamatan Kebumen. Variabeljam kerja merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap pendapatanpengemudi becak di Kecamatan Kebumen. Pada analisis perbandinganpendapatan pengemudi becak bermotor dengan manual manunjukkanbahwa terdapat perbedaan yang nyata dengan pendapatan pengemudibecak bermotor lebih tinggi dari pada pengemudi becak manual diKecamatan Kebumen. Implikasi pada penelitian ini adalah variabel jam kerja merupakanvariabel yang paling berpengaruh terhadap pendapatan pengemudi becak diKecamatan Kebumen. Oleh karena itu pengemudi becak perlumeningkatkan jumlah jam kerja yang digunakan agar pendatapanpengemudi becak semakin meningkat. Selain itu pada penelitian ini jugaditemukan bahwa pendapatan pengemudi becak bermotor lebih tinggi daripada pendapatan pengemudi becak manual, sehingga pengemudi becakmanual disarankan untuk beralih menjadi pengemudi becak bermotor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C20222
Uncontrolled Keywords: Pendapatan, Pengemudi becak, Perbandingan Pendapatan
Subjects: I > I60 Income
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 05 Jan 2022 07:39
Last Modified: 05 Jan 2022 07:39
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12619

Actions (login required)

View Item View Item