Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Schoology dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Purwokerto

ASPIKAWATI, Melirianti Dwi (2020) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Schoology dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover-Melirianti Dwi Aspikawati-C1L016029-PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SCHOOLOGY DAN MOT.pdf

Download (264kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas-Melirianti Dwi Aspikawati-C1L016029-PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SCHOOLOGY DAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak-Melirianti Dwi Aspikawati-C1L016029-PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SCHOOLOGY DAN M.pdf

Download (361kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Melirianti Dwi Aspikawati-C1L016029-PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SCHOOLOGY DAN MOT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Melirianti Dwi Aspikawati-C1L016029-PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SCHOOLOGY DAN MO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Melirianti Dwi Aspikawati-C1L016029-PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SCHOOLOGY DAN M.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Melirianti Dwi Aspikawati-C1L016029-PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SCHOOLOGY DAN MO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Melirianti Dwi Aspikawati-C1L016029-PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SCHOOLOGY DAN MOT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka-Melirianti Dwi Aspikawati-C1L016029-PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SCHOOLOG.pdf

Download (464kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Melirianti Dwi Aspikawati-C1L016029-PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN SCHOOLOGY DAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan lokasi penelitian di SMA Negeri 1 Purwokerto yang berjudul“Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Schoology dan Motivasi Belajarterhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Purwokerto”.Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) perbedaan hasil belajar antara pesertadidik yang menggunakan media pembelajaran schoology dengan peserta didikyang menggunakan media pembelajaran konvensional, (2) pengaruh mediapembelajaran schoology terhadap hasil belajar, (3) pengaruh motivasi belajarterhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Purwokerto tahun pelajaran 2019/2020 dengan teknik pengambilan sampelmenggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelaseksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakanadalah uji t Related test dan regresi linear berganda. Hasil penelitian yaitu : (1) terdapat perbedaan hasil belajar antara pesertadidik yang menggunakan media pembelajaran schoology dengan peserta didikyang menggunakan media pembelajaran konvensional sebesar 89,29 > 85,29, (2)terdapat pengaruh positif dan signifikan media pembelajaran schoology terhadaphasil belajar, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajarterhadap hasil belajar. Berdasarkan perolehan hasil penelitian dan kesimpulan peneliti, maka terdapat implikasi yang dapat disampaikan peneliti yaitu : bagi pihak sekolahlebih memperhatikan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kegiatan belajarmengajar dengan menggunakan media pembelajaran schoology, seperti LCD danjaringan internet sekolah yang lancar, bagi guru diharapkan mampu menerapkanmedia pembelajaran schoology pada saat mengajar materi ekonomi di kelas,dengan mempertimbangkan rekomendasi dari peneliti berupa pertimbangankondisi peserta didik zaman sekarang yang tidak bisa lepas dari Smartphone dan internet. Selain itu peserta didik mudah bosan ketika guru mengajar dengan carayang monoton (konvensional), bagi peserta didik diharapkan mampumengoptimalkan proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaranschoology karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan bagi penelitiselanjutnya diharapkan dapat melakukan koordinasi yang lebih baik dengan pihaksekolah terkait ketersediaan sarana prasarana penunjang penggunaan mediapembelajaran schoology.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C20312
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Schoology, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Subjects: A > A19 Academic achievement
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 4079 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:04
Last Modified: 13 Jan 2022 07:04
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12754

Actions (login required)

View Item View Item