MAGHFIROH, Siti (2020) Determinan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mipa 7, 8, 9 SMA Negeri I Purwokerto Prespektif : Kecerdasan Intrapersonal dan Interpersonal. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Siti Maghfiroh-C1L016031-Skripsi--2020.pdf Download (204kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-SIti Maghfiroh-C1L016031-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-SIti Maghfiroh-C1L016031-Skripsi-2020.pdf Download (363kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Siti Maghfiroh-C1L016031-Skripsi-FEB-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Siti Maghfiroh-C1L016031-Skripsi-FEB-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Siti Maghfiroh-C1L016031-Skripsi-FEB-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Siti Maghfiroh-C1L016031-Skripsi-FEB-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (781kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Siti Maghfiroh-C1L016031-Skripsi-FEB-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Siti Maghfiroh-C1L016031-Skripsi-FEB-2020.pdf Download (356kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Siti Maghfiroh-C1L016031-Skripsi-FEB-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (800kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan prestasi belajarsiswa kelas X MIPA 7, 8, dan 9 SMA Negeri 1 Puwokerto prespektif kecerdasanintrapersonal dan interpersonal. Seseorang yang dapat mengelola danmengoptimalkan kecerdasan intrapersonal dan interpersonal akan lebih mudahmengendalikan dirinya dan menjalin hubungan dengan orang lain di sekolah,sehingga prestasi belajarnya akan baik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitianini adalah seluruh siswa kelas X MIPA 7, 8, dan 9 dengan jumlah 107 siswa.Untuk menentukan besaran sampel yang representative penelitian inimenggunakan jumlah indikator yaitu 20 dikali 5 sehingga jumlah sampel yangdigunakan adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasidan wawancara dengan beberapa siswa kelas X MIPA 7,8, dan 9, kemudianmenggunakan data sekunder yang diperoleh dari salah saru guru di SMA Negeri 1purwokerto dan data primer menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan structural equation modellingdengan program Amos 23.0. Hasil penelitin menunjukkan, 1) kecerdasanintrapersonal (kesadaran diri emosional) berpengaruh positif terhadap prestasibelajar siswa kelas X MIPA 7, 8, dan 9 yang dibuktikan dengan nilai C.R. sebesar3.458 > 1.967 dan probabilitas 0.000 < 0.005. 2) Kecerdasan intrapersonal (sikapasertif) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA 7, 8, dan9 yang dibuktikan dengan nilai C.R. sebesar 2.790 > 1.967 dan probabilitas 0.005≤ 0.005. 3) Kecerdasan intrapersonal (harga diri) berpengaruh positif terhadapprestasi belajar siswa kelas X MIPA 7, 8, dan 9 yang dibuktikan dengan nilai C.R.sebesar 2.744 > 1.967 dan probabilitas 0.000 < 0.005. 4) Kecerdasan intrapersonal(kemandirian) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA7, 8, dan 9 yang dibuktikan dengan nilai C.R. sebesar 3.175 > 1.967 danprobabilitas 0.000 < 0.005. 5) Kecerdasan interpersonal (social sensitivity)berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa kelas X MIPA 7, 8, dan 9 yangdibuktikan dengan nilai C.R. sebesar 3.223 > 1.967 dengan probabilitas 0.000 <0.005. 6) Kecerdasan Interpersonal (social insight) berpengaruh positif terhadap prestasi belajar yang dibuktikan dengan nilai C.R. sebesar 3.035 > 1.967 danprobabilitas 0.000 < 0.005. 7) Kecerdasan interpersonal (social communication)berpengaruh positif terhadap prestasi belajar yang dibuktikan dengan nilai C.R.sebesar 3.004 > 1.967 dan probabilitas 0.000 < 0.005. Hasil penelitian ini jugamenunjukkan bahwa nilai rata-rata Squared Multiple Correlations (R) yangmenunjukkan besarnya kontribusi variabel kecerdasan intrapersonal (kesadarandiri emosional, sikap asertif, harga diri, kemandirian) dan interpersonal (socialsensitivity, social insight, social communication) terhadap prestasi belajar siswasebesar 53,28 %, sisanya 46,72 % merupakan variabel lain yang tidak ditelitiseperti kecerdasan yang lain, motivasi, bakat, kemampuan kognitif, kondisi fisik,dan lingkungan masyarakat. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kecerdasanintrapersonal (kesadaran diri emosional, sikap asertif, harga diri, kemandirian) daninterpersonal (social sensitivity, social insight, social communication)berpengaruh positif terhadap prestasi belajar.2
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C20313 |
Uncontrolled Keywords: | Determinan prestasi belajar, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan interpersonal |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 4079 not found. |
Date Deposited: | 13 Jan 2022 06:31 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 06:31 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12755 |
Actions (login required)
View Item |