Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

The Effect of Gender Inequality Indicators on Economic Growth in Indonesia

PRATAMA, Ganang Aji (2020) The Effect of Gender Inequality Indicators on Economic Growth in Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Ganang Aji Pratama-C1G015026-Skripsi-2020.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Legalitas)
PENGESAHAN-Ganang Aji Pratama-C1G015026-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ganang Aji Pratama-C1G015026-Skripsi-2020 (2).pdf

Download (3MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Ganang Aji Pratama-C1G015026-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Ganang Aji Pratama-C1G015026-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Ganang Aji Pratama-C1G015026-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Ganang Aji Pratama-C1G015026-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Ganang Aji Pratama-C1G015026-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ganang Aji Pratama-C1G015026-Skripsi-2020.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ganang Aji Pratama-C1G015026-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu dari delapan tujuan pembangunan milenium (MDGs) yangdinyatakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2000 adalah untukmempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Hal ini sesuaidengan tujuan pembangunan manusia Indonesia, yaitu mencapai kesetaraan genderuntuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tanpa membedakan antara priadan wanita. Penelitian ini meneliti tentang pengaruh ketimpangan gender angkaharapan hidup, rata-rata lama sekolah, tingkat pasrtisipasi angkatan kerja terhadappertumbuhsn ekonomi di Indonesia. Selanjutnya tujuan dari penelitian ini adalahuntuk menganalisa pengaruh indikator ketimpangan gender terhadap pertumbuhanekonomi yaitu variabel pertumbuhan IPM, rasio angka harapan hidup perempuanterhadap laki-laki, rasio rata-rata lama sekolah perempuan terhadap laki-laki, danrasio tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan terhadap laki-laki danmenganalisis variabel yang memiliki pengaruh tertinggi terhadap pertumbuhanekonomi di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah datasekunder dengan menggunakan data panel yang merupakan gabungan data dari 34provinsi di Indonesia dari tahun 2011-2017 yang diambil dari Badan pusat Statistikdan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan dianalisismenggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel pertumbuhan IPM,rasio angka harapan hidup perempuan terhadap laki-laki, rasio rata-rata lamasekolah perempuan terhadap laki-laki, memiliki dampak positif dan signifikandalam terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sedangkan rasio tingkatpartisipasi angkatan kerja perempuan terhadap laki-laki berdampak negatifterhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Variabel yang memiliki pengaruhtertinggi adalah pertumbuhan IPM. Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu Pemerintah Indonesia perlu lebihmeningkatkan anggaran untuk melaksanakan program-program kesetaraan genderdan meningkatkan pengawasan penggunaan anggaran tersebut sehingga bisadimanfaatkan sesuai dengan tujuan kesetaraan gender. Penggunaan anggarantersebut lebih difokuskan di bidang kesehatan dan pendidikan karena denganmeningkatkan bidang kesehatan dan pendidikan perempuan maka kesempatandalam bidang ketenagakerjaan bagi perempuan lebih terbuka lebar. Kesehatan danpendidikan yang baik bagi perempuan akan menciptakan kualitas tenaga kerjaperempuan yang baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C20290
Uncontrolled Keywords: ketimpangan gender, pertumbuhan ekonomi, IPM, angka harpan hidup, rata-rata lama sekolah, tingkat partisipasi angkatan kerja
Subjects: G > G193 Government policy
L > L5 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 17 Jan 2022 01:53
Last Modified: 17 Jan 2022 01:53
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12804

Actions (login required)

View Item View Item