Inovasi Kebijakan dalam Perspektif Administrasi Publik (Studi Kasus pada Bumdes Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas)

NOVIANA, Sinta (2020) Inovasi Kebijakan dalam Perspektif Administrasi Publik (Studi Kasus pada Bumdes Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS DAN BAGIAN AWAL TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang menunjukan bahwa ditengahdinamika persaingan (competition) yaitu dimana para pengelola pemerintah perlulebih cerdas dalam melaksanakan perannya. Sebagai daerah yang memiliki otonomipenuh untuk menjalankan pemerintahannya, desa harus mencari dana untukmengembangkan desanya. Salah satu upaya pemerintah demi terwujudnyapembangunan desa ini yaitu dengan adanya program inovasi Desa. Salah satu desayang melaksanakan program inovasi desa yaitu Desa Kalibagor KecamatanKalibagor Kabupaten Banyumas sehingga menarik untuk dikaji bagaimana prosesinovasi melalui Inovasi Kebijakan Dalam Perspekif Administrasi Publik (StudiKasus Pada BUMDes Desa Kalibagor Kecamatan Kalibagor KabupatenBanyumas). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses inovasikebijakan dalam perpektif administrasi publik (Studi Kasus Pada BUMDes DesaKalibagor Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas). Metode penelitian yangdigunakan adalah metode kualitatif dengan pemilihan informan menggunakanteknik purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data yangdigunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Metode analisisdata yang digunakan adalah metode analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses inovasi kebijakan sudahbaik, para pemerintah desa sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku dimana padasaat pembentukan program BUMDes itu sendiri menghadirkan para tokohmasyarakat, pemerintah desa, dan juga BPD desa. Setelah adanya program inovasiBUMDes ini, penduduk sekitar di desa Kalibagor menjadi lebih kreatif. Implikasidari hasil penelitian diantaranya dalam aspek melihat peluang, pemerintah desakalibagor sudah baik, dibuktikan dengan melihat potensi yang ada di desa tersebut.,dalam aspek mengeluarkan ide, Pemerintah desa kalibagor sudah cukup baik, dalamaspek mengkaji ide pada pemerintah desa Kalibagor sudah sesuai, dibuktikandengan adanya musyawarah desa dalam proses pembentukan program danpengurus BUMDes, dalam aspek implementasi inovasi kebijakan dalam perspektifadministrasi publik pada BUMDes Kalibagor ini bisa dijadikan contoh olehpemerintah desa lain dalam membentuk kreatifitas yang ada didesanya masingmasing. Untuk mengoptimalkan program inovasi melalui program BUMDes, makapemerintah Desa Kalibagor dan pengurus BUMDes perlu mendorong keterlibatanmasyarakat melalui program inovasi yang telah dibentuk, dan para tokohmasyarakat/masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap tahapan pembuatankeputusan, pelaksanaan, pemanfaatan hasil, dan evaluasi sehingga munculketerbukaan informasi dan rasa tanggungjawab antara pelaksa program denganmasyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20016
Uncontrolled Keywords: Inovasi Kebijakan, BUMDes, Otonomi, pembangunan Desa
Subjects: G > G193 Government policy
P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:20
Last Modified: 17 Jan 2022 07:20
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12870

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year