Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Hubungan Status Sosial Ekonomi terhadap Keputusan Petani dalam Menggunakan Alat dan Mesin Pertanian di Desa Karangduren Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas

HANIFAH, Fauziyah (2020) Hubungan Status Sosial Ekonomi terhadap Keputusan Petani dalam Menggunakan Alat dan Mesin Pertanian di Desa Karangduren Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
4. COVER SKRIPSI- FAUZIYAH HANIFAH.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS SKRIPSI - FAUZIYAH HANIFAH - F1A015059.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
2. ABSTRAK TUGAS AKHR- FAUZIYAH HANIFAH.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
5. BAB I PENDAHULUAN - FAUZIYAH HANIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB II TINJAUAN PUSTAKA- FAUZIYAH HANIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB III METODE PENELITIAN DAN TEKNIK ANALISIS DATA- FAUZIYAH HANIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN - FAUZIYAH HANIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
9. BAB V PENUTUP - FAUZIYAH HANIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA- FAUZIYAH HANIFAH.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN- FAUZIYAH HANIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Status sosial ekonomi merupakan salah satu kedudukan dalam masyarakat yang dapatmemengaruhi sikap dan tindakan individu. Status sosial ekonomi individu dapatmemengaruhi sikapnya dalam merespon suatu perubahan, seperti perubahan teknologipertanian. Desa Karangduren merupakan salah satu desa yang menerima bantuan alat danmesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian. Tingkat adopsi terhadap alsintanyang baru dikenal tersebut sangat rendah, dan semakin lama semakin banyak petani yangenggan menggunakan alsintan yang dikelola oleh Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA)yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan status sosial ekonomi dengankeputusan petani dalam menggunakan alat dan mesin pertanian di Desa Karangduren,Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian iniyaitu metode penelitian kuantitatif, dengan survei sebagai metode pengumpulan data, yangmenggunakan 75 petani sebagai sampel penelitan. Teknis analisis data yang digunakanmenggunakan tabel distribusi frekuensi dan tabel silang. Petani Karangduren menguasai lahan yang cenderung sempit, dengan rata- rata lahan yangdikuasai oleh petani hanya sebesar 0,58 hektar. Kondisi tersebut menandakan bahwapetani masih belum sejahtera karena hasil yang didapatkan dari usaha tani belum tentucukup untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari- hari. Penguasaan lahan yang sempittersebut berdampak pada pendapatan petani yang rendah. Pendapatan petani yang rendah,terlihat dari banyaknya petani yang memiliki pendapatan rumah tangga dibawah RP 1,6 jutasetiap bulannya. Petani Desa Karangduren juga cenderung memiliki latar belakangpendidikan formal yang rendah, sebanyak 49,3%. Berdasarkan hasil analisa tabel silang dan uji coefficient contingency yang dilakukan,terbukti bahwa terdapat hubungan antara status sosial ekonomi dengan keputusan petanidalam menggunakan alsintan. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil keseluruhan p value yanglebih kecil dari 0,1. Adanya hubungan antara status sosial ekonomi dengan keputusanpetani dalam menggunakan alsintan, menandakan bahwa petani memiliki kebutuhan sertakemampuan yang berbeda dalam usaha tani yang dilakukan. Pihak yang paham dengankebutuhannya juga petani itu sendiri. Rendahnya adopsi terhadap beberapa alsintan yang ada menunjukkan bahwa dalam prosespendistribusian bantuan alsintan, diperlukan analisis sosial terhadap wilayah yang akandituju. Analisis sosial dapat dilakukan oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dengancara mengumpulkan data kondisi lahan pertanian, potensi yang dimiliki, serta menghimpuninformasi dari petani secara langsung untuk mencari tahu masalah yang dirasakan olehpetani maupun pendapatan tentang hal yang dibutuhkan oleh petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20025
Uncontrolled Keywords: Sosial ekonomi, Keputusan petani
Subjects: F > F58 Farm management
S > S426 Social aspects
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:19
Last Modified: 18 Jan 2022 06:19
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12903

Actions (login required)

View Item View Item