Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Banyumas (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Ajibarang dan SMP Negeri 2 Tambak)

YUNANTO, Yudha Akbar (2020) Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Banyumas (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Ajibarang dan SMP Negeri 2 Tambak). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Cover-Yudha AY- F1B013085-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Yudha AY- F1B013085-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abtraksi-Yudha AY- F1B013085-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB 1-Yudha AY- F1B013085-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Yudha AY- F1B013085-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Yudha AY- F1B013085-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Yudha AY- F1B013085-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Yudha AY- F1B013085-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Yudha AY- F1B013085-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Yudha AY- F1B013085-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Implementasi kebijakan merupakan penyediaan sarana untuk melaksanakan sesuatu yang menimbulkan dampak atau akibat terhadap sesuatu. Sesuatu tersebut dilakukan untukmenimbulkan dampak atau akibat itu dapat berupa undang-undang, peraturan pemerintah, keputusan peradilan dan kebijakan yang dibuat oleh lembaga-lembaga pemerintah dalamkehidupan kenegaraan. Berdasakan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 14Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), pemerintah berupayamelakukan pemerataan pendidikan dimana dalam aturan tersebut telah membahas mengenaisistem zonasi yang harus diterapkan sekolah dalam menerima calon peserta didik baru.Sistem zonasi adalah sistem penerimaan peserta didik baru yang mana menggunakanpertimbangan jarak antara rumah calon peserta didik dengan sekolah. Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi adalah sejauh mana kebijakan Sistem Zonasitersebut dapat dicapai hasil yang telah ditentukan dengan cara melihat dari berbagaiindikator yang mendukung. Penelitian ini menggunakan indikator implementasi menurutRendall B. Ripley dan Grace A. Franklin (1986) yaitu: Keterlibatan aktor pelaksana dalamproses implementasi program sistem zonasi, Kejelasan Pelaksanaan program sistem zonasi disekolah penyelenggara, Kerumitan dan perkembangan program-program sistem zonasi disetiap sekolah penyelenggara, Faktor-faktor yang mempengaruhi selama pelaksanaanprogram sistem zonasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif,Pemilihan informan menggunakan teknik Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Untukmemperoleh data penelitian menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini ialah implementasi kebijakan sistem zonasi penerimaan pesertadidik baru di Kabupaten Banyumas sudah cukup baik dalam pemerataan pendidikan yangmenggunakan sistem berbasis NIK untuk calon pendaftaran sistem zonasi,akan tetapi perluditingkatkan lagi untuk para implementor agar tidak adanya para siswa yang tidak sekolahmaupun putus sekolah karena adanya sistem zonasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20037
Uncontrolled Keywords: Sistem Zonasi, Implementasi, Kebijakan
Subjects: E > E69 Education
G > G193 Government policy
P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:30
Last Modified: 19 Jan 2022 07:30
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12951

Actions (login required)

View Item View Item