PRABOWO, Tegar Satria (2020) Komunikasi Antarpribadi Guru Bimbingan Konseling dalam Membentuk Karakter Siswa Berprestasi di SMK Negeri 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Prestasi belajar yang baik dalam sekolah dapat diperoleh melalui percaya diri,disiplin, dan mandiri. Keberhasilan pendidikan karakter yang diterapkan oleh gurukepada siswa dapat di ukur dari perubahan sikap siswa dari yang tidak baik sampaiperilaku yang baik meliputi perilaku percaya diri, disiplin, dan mandiri. Bimbingankonseling merupakan mata pelajaran yang mengutamakan pendidikan karakter kepadasiswa. Komunikasi yang baik dan efektif dapat ditandai dengan hubunganantarpribadi yang dekat atau mempunyai hubungan emosional yang tinggi. Dalam halini siswa dan guru harus mempunyai hubungan yang baik agar dapat lebih semangatdalam belajar dan berpartisipasi aktif untuk mengeluarkan pendapatnya. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif deskriptif. Observasi, wawancara, dan dokumentasidigunakan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwaproses komunikasi antarpribadi guru bimbingan konseling dapat merubah perilakusiswa ke arah yang lebih baik serta mampu menjadi siswa berprestasi, peran gurubimbingan konseling dalam membentuk karakter siswa berprestasi yaitu sebagai motivator dengan cara membangun kedekatan emosional dan memberikan arahan kepada siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori generalsemantic yang dikemukakan oleh Alfref Korzybski dengan konsep reaksi/respon yangdilakukan untuk menunjukkan karakteristik bahasa, menjelaskan kesalahan dalammenggunakan bahasa, mencermati bagaimana berbicara dengan tepat, lalumenyelesaikan kata dengan keadaan sebenarnya, dan menghilangkan kebiasaanberbahasa yang menyebabkan kekeliruan dan kesalahan atau secara sederhananyamakna dari kata dan bagaimana makna mempengaruhi perilaku.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F20041 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Antarpribadi, Karakter Siswa |
Subjects: | A > A19 Academic achievement C > C631 Communication I > I267 Interpersonal relations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 4080 not found. |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 07:58 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 07:58 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12960 |
Actions (login required)
View Item |