Komunikasi Antarpribadi Guru Bimbingan Konseling dalam Membentuk Karakter Siswa Berprestasi di SMK Negeri 1 Purwokerto

PRABOWO, Tegar Satria (2020) Komunikasi Antarpribadi Guru Bimbingan Konseling dalam Membentuk Karakter Siswa Berprestasi di SMK Negeri 1 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Tegar Satria P-F1C015082-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Prestasi belajar yang baik dalam sekolah dapat diperoleh melalui percaya diri,disiplin, dan mandiri. Keberhasilan pendidikan karakter yang diterapkan oleh gurukepada siswa dapat di ukur dari perubahan sikap siswa dari yang tidak baik sampaiperilaku yang baik meliputi perilaku percaya diri, disiplin, dan mandiri. Bimbingankonseling merupakan mata pelajaran yang mengutamakan pendidikan karakter kepadasiswa. Komunikasi yang baik dan efektif dapat ditandai dengan hubunganantarpribadi yang dekat atau mempunyai hubungan emosional yang tinggi. Dalam halini siswa dan guru harus mempunyai hubungan yang baik agar dapat lebih semangatdalam belajar dan berpartisipasi aktif untuk mengeluarkan pendapatnya. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif deskriptif. Observasi, wawancara, dan dokumentasidigunakan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwaproses komunikasi antarpribadi guru bimbingan konseling dapat merubah perilakusiswa ke arah yang lebih baik serta mampu menjadi siswa berprestasi, peran gurubimbingan konseling dalam membentuk karakter siswa berprestasi yaitu sebagai motivator dengan cara membangun kedekatan emosional dan memberikan arahan kepada siswa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori generalsemantic yang dikemukakan oleh Alfref Korzybski dengan konsep reaksi/respon yangdilakukan untuk menunjukkan karakteristik bahasa, menjelaskan kesalahan dalammenggunakan bahasa, mencermati bagaimana berbicara dengan tepat, lalumenyelesaikan kata dengan keadaan sebenarnya, dan menghilangkan kebiasaanberbahasa yang menyebabkan kekeliruan dan kesalahan atau secara sederhananyamakna dari kata dan bagaimana makna mempengaruhi perilaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20041
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarpribadi, Karakter Siswa
Subjects: A > A19 Academic achievement
C > C631 Communication
I > I267 Interpersonal relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:58
Last Modified: 19 Jan 2022 07:58
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12960

Actions (login required)

View Item View Item