Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efektivitas Program Pembinaan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa pada Wanita Pekerja Seks di Kabupaten Banyumas

DAVIKA, Luthfan Ilham (2020) Efektivitas Program Pembinaan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa pada Wanita Pekerja Seks di Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-LUTHFAN ILHAM DAVIKA-F1B015061-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-LUTHFAN ILHAM DAVIKA-F1B015061-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-LUTHFAN ILHAM DAVIKA-F1B015061-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-LUTHFAN ILHAM DAVIKA-F1B015061-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-LUTHFAN ILHAM DAVIKA-F1B015061-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB III-LUTHFAN ILHAM DAVIKA-F1B015061-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-LUTHFAN ILHAM DAVIKA-F1B015061-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-LUTHFAN ILHAM DAVIKA-F1B015061-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-LUTHFAN ILHAM DAVIKA-F1B015061-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LUTHFAN ILHAM DAVIKA-F1B015061-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Program pembinaan wanita pekerja seks merupakan realisasi dariPeraturan Daerah Kabupaten Banyumas Nomor 16 Tahun 2015 TentangPenanggulangan Penyakit Masyarakat. Pada pelaksanaannya, program pembinaanyang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas dan Panti SosialWanodyatama Kota Surakarta tidak berjalan dengan optimal karena hanyaberjalan selama 6 bulan. Kurangnya pengawasan jugamenyebabkan banyakwanita pekerja seks kembali ke dunia prostitusi setelah menerima program.Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana Efektivitas Program PembinaanDinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa pada Wanita Pekerja Seksdi Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan pendekatan efektivitas program yangdikemukakan oleh Duncan terdiri dari tiga kriteria yaitu: (1)Pencapaian tujuan,yang terdiri darikesesuaian waktu yang ditetapkan dan kesesuaian tujuan dengansasaran program. (2) Integrasi, yang terdiri dari ketaatan pada prosedur programdan sosialisasi program. (3) Adaptasi, yang terdiri dari ketersediaan saranaprasarana dan kesesuaian sarana prasarana dengan program. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sasaranpenelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri pegawaidan pekerja sosial Dinsospermades Banyumas, pekerja Panti Sosial WanodyatamaSurakarta dan wanita pekerja seks. Data dikumpulkan melalui wawancara,observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasilpenelitian menunjukan bahwa jangka waktu program pembinaan disesuaikandengan kondisi wanita pekerja seks yang ditentukan oleh kompleksitaspermasalahan dan latar belakang wanita pekerja seks tersebut. Pelaksana programterkendala oleh waktu yang berbenturan dengan program lain sehingga pembinaandilaksanakan maksimal 6 bulan. Masih dijumpai wanita pekerja seks yang telahmenerima program pembinaan kembali terjaring razia prostitusi. Pengawasandilaksanakan oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan yang mendapat tugasuntuk memantau setiap wanita pekerja seks di tingkat kecamatan bersama SatpolPP,Pemerintah Desa dan keluarga yang bersangkutan.Pembinaan telahdisosialisasikan kepada Pemerintah Desa, masyarakat dan wanita pekerja seks. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah program pembinaan kepadawanita pekerja seks belum berjalan efektif. Waktu pembinaan terlalu singkatuntuk merehabilitasi wanita pekerja seks agar meninggalkan dunia prostitusi.Kendala yang dialami oleh Dinsospermades antara lain: waktu pembinaan yangbertabrakan dengan program lain, adanya perlawanan dari oknum masyarakat, dananggaran yang terbatas. Untuk mengatasi kendala tersebut, setiap instansi dapatsaling koordinasi dan melibatkan LSM dalam proses pembinaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20048
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembinaan, Wanita pekerja seks
Subjects: C > C410 Cities and towns Growth
G > G193 Government policy
P > P652 Public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:00
Last Modified: 20 Jan 2022 02:00
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/12975

Actions (login required)

View Item View Item