Fenomena Ketergantungan Masyarakat terhadap Rentenir (Studi Kasus tentang Permasalahan Hutang Piutang di Kampung Sri Rahayu, Kelurahan Karangklesem, Purwokerto)

PUSPANINGRUM, Witantri (2020) Fenomena Ketergantungan Masyarakat terhadap Rentenir (Studi Kasus tentang Permasalahan Hutang Piutang di Kampung Sri Rahayu, Kelurahan Karangklesem, Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
02 COVER-Witantri Puspaningrum-F1A014058-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
03 LEGALITAS-Witantri Puspaningrum-F1A014058-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
04 ABSTRAKSI-Witantri Puspaningrum-F1A014058-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
05 BAB I-Witantri Puspaningrum-F1A014058-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
06 BAB II-Witantri Puspaningrum-F1A014058-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
07 BAB III-Witantri Puspaningrum-F1A014058-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
08 BAB IV-Witantri Puspaningrum-F1A014058-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
09 BAB V-Witantri Puspaningrum-F1A014058-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
10 DAFTAR PUSTAKA-Witantri Puspaningrum-F1A014058-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
11 LAMPIRAN-Witantri Puspaningrum-F1A014058-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tuntutan kebutuhan hidup dan ekonomi yang besar membuat masyarakat melakukansegala macam cara untuk dapat memenuhinya. Hal ini dilakukan dengan harapan dapatmeningkatkan taraf hidup yang lebih baik lagi. Berbagai cara dilakukan untuk memenuhikebutuhan hidup diantaranya dengan meminjam uang kepada rentenir. Penelitian iniberlokasi di Kampung Sri Rahayu Kelurahan Karangklesem, Kecamatan Purwokerto Selatan,Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola relasi sosial danfaktor penyebab ketergantungan antara peminjam dan rentenir. Penelitian ini menggunakanmetode kualitatif deskriptif. Sasaran penelitian ini adalah rentenir yang beroperasi di wilayahKampung Sri Rahayu, warga Kampung Sri Rahayu yang meminjam uang kepada rentenirserta pengurus lingkungan Kampung Sri Rahayu yaitu ketua RT 04/05. Metode pengambilandata dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi serta dokumentasi kepada informanyang memiliki karakteristik tertentu (purposive sampling), dan analisis data menggunakananalisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rentenir masih sangat diminati oleh masyarakatkhususnya warga Kampung Sri Rahayu walaupun bunga yang ditetapkan sangat tinggi.Umumnya rentenir merupakan orang-orang yang tingkat perekonomianya lebih tinggisedangkan kebanyakan dari mereka yang meminjam juga berasal dari masyarakat golonganekonomi rendah sehingga sangat membutuhkan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan hidupsehari-hari. Melalui proses pinjam meminjam ini juga terbentuk dua pola relasi sosial yaitupola relasi assosiatif dan pola relasi dissosiatif. Pola relasi asosiatif adalah relasi yangbersifat membangun dan bersifat positif. Hubungan kepercayaan dan keterlekatan menjadibagian dalam pola relasi assosiatif karena kepercayaan menjadi salah satu faktor pentingyang mendasari terbentuknya suatu hubungan yang terjadi antara rentenir denganpeminjamnya. Hubungan ini menjadi satu keterikatan yang memperkuat proses hutangpiutang. Sedangkan pola relasi dissosiatif merupakan relasi yang bersifat memecah danbersifat negatif. Hubungan eksploitasi, konflik dan saling ketergantungan adalah suatubentuk relasi sosial disosiatif yang sangat mungkin terjadi diantara rentenir dan peminjam.Ada pula beberapa faktor yang membuat peminjam menjadi ketergantungan diantaranyaadalah prosedur yang sangat mudah dan cepat, tanpa syarat dan tidak ada jaminan sertatuntutan kebutuhan membuat mereka tidak mempedulikan bunga yang ditetapkan. Implikasi dari penelitian ini adalah dengan mengetahui berbagai faktor penyebabketergantungan meminjam uang dan permasalahan-permasalahan hutang piutang kepadarentenir maka masyarakat, lembaga keuangan dan pemerintah dapat bersinergi untukmembatasi atau mengurangi aktivitas rentenir dan merevisinya dengan lebih baik lagi sepertimeningkatkan eksistensi bank dan memberikan kemudahan dalam sistem peminjaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20055
Uncontrolled Keywords: Relasi sosial, Rentenir
Subjects: P > P163 Personal loans
S > S444 Social problems
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:06
Last Modified: 20 Jan 2022 08:06
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13016

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year