Evaluasi Implementasi Program Air Bersih Bumdesa (Studi Kasus di Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas)

PANGESTY, Ria Sandra (2020) Evaluasi Implementasi Program Air Bersih Bumdesa (Studi Kasus di Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
cover.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini Evaluasi Implementasi Program Air Bersih Bumdesa(Studi Kasus Di Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng KabupatenBanyumas). Penelitian ini di latar belakangi oleh program BUMDesa milikpemerintah yang sedang dikembangkan di berbagai desa, khususnya desaKarangnangka yang diatur dalam Undang-Undang Daerah Nomor 6 tahun2016 tentang Badan Usaha Milik Desa. Tujuan dari program ini adalah sebagaipenompang atau penguat ekonomi desa dalam pemberdayaan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepatuhanperangkat desa terhadap ketentuan program Air Bersih, untuk mengetahuibagaimana kepatuhan pengelolaan masyarakat desa terkait dengan ketentuan programAir Bersih, serta untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambatprogram air bersih.Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptifkualitatif, dengan purposive sampling dan accidental sampling sebagai teknikpemilihan informan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,observasi dan dokumentasi.Metode analisis data yang digunakan adalah modelanalisis interaktif menurut Miles, Huberman, dan Saldana untuk validitas data yangdiuji menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi implementasi wargaDesa Karangnangka sudah berhasil, sebagian masyarakat pengguna air bersihpatuh akan ketentuan program yang telah dibuat. Pengelola menjalankaanprogram sudah sesuai dengan tanggung jawab, namun harus menambahsosialisasi agar warga masyarakat desa dapat merasakan manfaat dari programprogramyangtelahdikelolaolehBUMDesa.Masyarakatsendirisudahbanyakyangpatuhdenganprogramyangdibuatolehpengelola,namunharusdibenahikembaliagar program yang dibuat dapat menambah hasil Pades yangkeuntungannya dapat dirasakan oleh warga desa. Hal ini bisa dilihat dariimplementasi model implementasi Ripley dan Franklin, yaitu implementasiprogram, kebijakan, dan manfaatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20072
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Implementasi program, kepatuhan pelaksana,pemahaman dan kepatuhan masyarakat.
Subjects: G > G193 Government policy
P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 20 Jan 2022 15:32
Last Modified: 20 Jan 2022 15:32
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13085

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year