Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kinerja Badan Pusat Sarana Sistem Penyediaan Air Minum (Bpsspam) dalam Mengembangkan Penyediaan Air Minum di Desa Sambengkulon Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas

PRAYITNO, Alif Wijaksono (2020) Kinerja Badan Pusat Sarana Sistem Penyediaan Air Minum (Bpsspam) dalam Mengembangkan Penyediaan Air Minum di Desa Sambengkulon Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
2. COVER-ALIF WIJAKSONO P-F1B014038-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS-ALIF WIJAKSONO P-F1B014038-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-ALIF WIJAKSONO P-F1B01403-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
5. BAB-I- ALIF WIJAKSONO P-F1B014038-SKRIPSI-FISIP-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB-II- ALIF WIJAKSONO P-F1B014038-SKRIPSI-FISIP-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB-III- ALIF WIJAKSONO P-F1B014038-SKRIPSI-FISIP-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB-IV- ALIF WIJAKSONO P-F1B014038-SKRIPSI-FISIP-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
9. BAB-V- ALIF WIJAKSONO P-F1B014038-SKRIPSI-FISIP-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA- ALIF WIJAKSONO P-F1B014038-SKRIPSI-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN- ALIF WIJAKSONO P-F1B014038-SKRIPSI-FISIP-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kinerja organisasi merupakan sebuah alat ukur untuk menilai danmengevaluasi berhasil atau tidak tujuan organisasi. Kinerja organisasi juga sangatditentukan oleh unsur pegawainya, maka dalam mengukur kinerja organisasi seharusnya di ukur dalam tampilan kerja pegawainnya. Salah satu Badan ataulembaga air minum berbasis masyarakat di Sambengkulon Kec.Kembaran adalahBadan Pusat Sarana Sistem Penyediaan Air Minum (BPSSPAM). Badan PusatSarana Sistem Penyediaan Air Minum (BPSSPAM) tersebut adalah salah satuorganisasi yang mempunyai kewenangan untuk mengembangkan penyediaan airminum di daerah pedesaan. Dalam tujuan peningkatan citra dan kinerja suatulembaga desa maka desa memiliki pandangan yang profesionalisme gunatercapainya organisasi yang baik, perlunya suatu pekerja yang dapat melakukantugas dengan kualitas, kuantitas, ketetapan waktu, efektivitas, dan kemandirian.Semua itu akan bertujuan untuk organisasi sumber daya manusia yang berkualitasdan daya saing yang tinggi. Peneliti ini dilaksanakan di Desa Sambengkulon,Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Kinerja Organisasi Badan Pusat Sarana Sistem Penyediaan Air Minum(BPSSPAM) dalam mengembangkan penyediaan air minum adalah seberapa jauhkinerja organisasi dapat tercapai dengan hasil yang sesuai dengan cara melihatdari berbagai faktor yang mendukung. Peneliti ini menggunakan indikatorproduktifitas, kualitas layanan, responsifitas, responsibilitas dan indikatorakuntabilitas menurut Dwiyanto dalam Pasolong (2010: 178-180). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatankuantitatif, pengambilan responden dilakukan dengan menggunakan teknikproporsionate random sampling. Metode analisis data adalah distribusi frekuensi,rata-rata hitung (mean), median, dan modus. Hasil penelitian menunjukkanbahwa Kinerja Organisasi Badan Pusat Sarana Sistem Penyediaan Air Minum(BPSSPAM) di Desa Sambengkulon Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumascukup efektif dengan rata-rata produktifitas 3,85, Kualitas layanan dengan ratarata3,85,Responsifitas3,76,responsibilitas3,78,danakuntabilitas3,63.TujuanProgramkinerjaorganisasidenganrata-rata3,83. Kesimpulan hasil penelitian ini ialah Kinerja Badan Pusat Sarana SistemPenyediaan Air Minum (BPSSPAM) dalam mengembangkan penyediaan airminum di Desa Sambengkulon Kecamatan Kembaran sudah cukup baik dalammengatasi permasalahanair minum, akan tetapi dalam aspek akuntbalitas masihperlu ditingkatkan dengan cara mementingkan kepentingan masyarakat terlbihdahulu dari kepentingan individu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20087
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Penyediaan Air Minum, Desa
Subjects: P > P142 Performance
W > W66 Water supply
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 21 Jan 2022 06:50
Last Modified: 21 Jan 2022 06:50
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13134

Actions (login required)

View Item View Item