DARMAWAN, Fauzan Hanif (2020) Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Air Minum dalam Kemasan Galon Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (Studi Putusan Nomor 10/Pdt.Sus-Bpsk/2019/Pn.Tsm). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-FAUZAN HANIF D-E1A016164-skripsi-2020.pdf.pdf Download (136kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-FAUZAN HANIF D-E1A016164-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (699kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-FAUZAN HANIF D-E1A016164-skripsi-2020.pdf Download (129kB) |
|
PDF (BabI)
BAB 1-FAUZAN HANIF D-E1A016164-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-FAUZAN HANIF D-E1A016164-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-FAUZAN HANIF D-E1A016164-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-FAUZAN HANIF D-E1A016164-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-FAUZAN HANIF D-E1A016164-skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-FAUZAN HANIF D-E1A016164-skripsi-2020.pdf Download (338kB) |
Abstract
Air minum dalam kemasan galon sudah menjadi kebutuhan hidup bagibanyak orang. Tidak jarang kualitas air minum galon yang kurang baikmenjadi keluhan dari banyak konsumen. Kehati-hatian dari pelaku usahaharuslah ditingkatkan, tidak boleh ada kelalaian yang dilakukan pelaku usahayang dapat merugikan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiperlindungan hukum konsumen air minum dalam kemasan galon berdasarkanUndang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen(Studi Putusan Nomor 10/Pdt.Sus-BPSK/2019/ PN. Tsm). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatifdengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan adalahdata sekunder yang bersumber dari bahan hukum primer, bahan hukumsekunder dan bahan hukum tersier, metode pengumpulan data dilakukandengan studi kepustakaan, data yang diperoleh disajikan menggunakan teksnaratif , analisis data dilakukan dengan normatif kualitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsumen sudahmendapatkan perlindungan hukum sebagaimana yang telah diatur dalamUndang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.Berdasarkan Putusan Nomor 10/Pdt.Sus-BPSK/2019/PN.Tsm, hakim telahmenerapkan Pasal 4 huruf a dan h serta Pasal 7 huruf f Undang-UndangNomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sebagai dasarmemutus perkara, tetapi hakim dalam menerapkan hukumnya kurang lengkapkarena hanya menerapkan Pasal 4 huruf a dan h serta Pasal 7 huruf f Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, seharusnyahakim menambahkan Pasal 19 dan Pasal 24 ayat (1) Undang-Undang Nomor8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen sebagai dasar memutusperkara, sehingga PT. Sariguna Primatirta Tbk dijatuhi sanksi administrasiberupa ganti rugi sebesar Rp.100.000,00 (seratus ribu rupiah) dan membayarkompensasi 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | E20233 |
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Air Minum Dalam Kemasan, Ganti Rugi |
Subjects: | C > C792 Consumer protection |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Users 4079 not found. |
Date Deposited: | 21 Jan 2022 07:23 |
Last Modified: | 21 Jan 2022 07:23 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13147 |
Actions (login required)
View Item |