Perilaku Mahasiswa dalam Penggunaan Media Sosial (Studi terhadap Perilaku Mahasiswa Sosiologi Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2016-2018 dalam Menggunakan Media Sosial)

DHIATAMA, Fauzi Akmal (2020) Perilaku Mahasiswa dalam Penggunaan Media Sosial (Studi terhadap Perilaku Mahasiswa Sosiologi Universitas Jenderal Soedirman Angkatan 2016-2018 dalam Menggunakan Media Sosial). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
2. COVER-Fauzi Akmal Dhiatama-F1A015046-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
3. LEGALITAS DAN BAGIAN AWAL TUGAS AKHIR-Fauzi Akmal Dhiatama-F1A015046-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
4. ABSTRAK-Fauzi Akmal Dhiatama-F1A015046-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
5. BAB 1 PENDAHULUAN-Fauzi Akmal Dhiatama-F1A015046-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
6. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA-Fauzi Akmal Dhiatama-F1A01506-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
7. BAB 3 METODE PENELITIAN-Fauzi Akmal Dhiatama-F1A015046-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
8. BAB 4 HASIL PENELITIAN-Fauzi Akmal Dhiatama-F1A015046-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
9. BAB 5 PENUTUP-Fauzi Akmal Dhiatama-F1A015046-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA-Fauzi Akmal Dhiatama-F1A015046-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN-Fauzi Akmal Dhiatama-F1A015046-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa Sosiologi sebagian besar memiliki media sosial untuk berbagai tujuanpenggunaan. Mahasiswa Sosiologi memiliki latar belakang pengalaman mempelajarimasyarakat mulai dari perilaku, interaksi di dalam masyarakat. Kondisi ini tentunyaberkaitan erat dengan perilaku Mahasiswa Sosiologi dalam mengakses mediasosialnya yang dipengaruhi oleh pengalaman mempelajari masyarakat secara teoritisdan praktis. Berdasarkan hal tersebut dilakukanlah penelitian yang bertujuan untukmengetahui perilaku Mahasiswa Sosiologi FISIP UNSOED dalam menggunakan mediasosial. Penelitian ini dilaksanakan di FakuItas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas JenderalSoedirman Purwokerto dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Jumlah sampeladalah 50 responden. Variabel tunggal dalam penelitian ini adalah Perilakumahasiswa dalam mengakses media sosial (Instagram, Twitter, WhatsApp). Metodeanalisis difokuskan pada penyajian data secara distribusi frekuensi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Mahasiswa Sosiologi FISIP UNSOED memilikimotif eksternal untuk mengakses media sosial yang dikenal sebagai stimulus. Motifini merupakan stimulus yang menjadi faktor dalam menentukan kuat atau lemahnyadari reinforcement yang didapat setelah mengakses media sosial, yang menyebabkanperbedaan tingkat aktivitas media sosial siswa Sosiologi. Stimulus membuat perilakuMahasiswa Sosiologi dalam mengakses media sosial mengikuti hukum-hukumtertentu. Situasi dan kondisi lingkungan Mahasiswa Sosiologi juga menjadi stimulusuntuk berperilaku di media sosial. Hal ini berimplikasi kepada apa yang MahasiswaSosiologi akan lakukan di media sosial mereka. Salah satu implikasinya adalahmunculnya pembatasan pada konten obrolan WhatsApp. Implikasi ini menunjukkanbahwa perilaku media sosial dapat dikendalikan. Tempat juga memiliki pengaruhbagi siswa Sosiologi dalam mengakses media sosial dan menjadi stimulus untukmengendalikan aktivitasnya. Penggunaan media sosial Mahasiswa Sosiologi akhirnyaselalu berulang diakibatkan reinforcement yang didadapatkan Mahasiswa Sosiologimembuat perilaku bermedia sosial Sosiologi memiliki kecenderungan pola yangsama. Pola ini dapat dilihat dari penggunaan durasi/waktu saat mengakses, serta daripenggunaan biaya yang dikeluarkannya dalam waktu tertentu. Penelitian ini dapat menjadi sebuah refleksi diri yang dapat menggambarkan perilakumahasiswa tersebut dalam menggunakan media sosialnya. Gambaran umum perilakuyang dimaksud mengenai motif, tingkat aktivitas, tingkat penggunaan media sosial ditempat tertentu, waktu atau durasi penggunaan media sosial, serta biaya yangdikeluarkan untuk mengakses internet (media sosial). Peneliti mengharapkanpenelitian ini juga dapat dikembangkan menjadi penelitian yang lebih eksplanatifmenjelaskan perilaku secara jelas dari sudut pandang individu-individu penggunamedia sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20108
Uncontrolled Keywords: Mass Media, Internet, Perilaku Mahasiswa
Subjects: O > O90 Online journalism
S > S430 Social conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 24 Jan 2022 08:55
Last Modified: 24 Jan 2022 08:55
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13227

Actions (login required)

View Item View Item