Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Peran Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan UMKM Sentra Industri Sandal Bandol di Kelurahan Pasir Kidul, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas

WIJANARKO, Dwi Guruh (2020) Peran Pemerintah Daerah dalam Pemberdayaan UMKM Sentra Industri Sandal Bandol di Kelurahan Pasir Kidul, Kecamatan Purwokerto Barat, Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Dwi Guruh Wijanarko-F1B015099-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dwi Guruh Wijanarko-F1B015099-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dwi Guruh Wijanarko-F1B015099-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Dwi Guruh Wijanarko-F1B015099-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Dwi Guruh Wijanarko-F1B015099-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Dwi Guruh Wijanarko-F1B015099-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Dwi Guruh Wijanarko-F1B015099-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Dwi Guruh Wijanarko-F1B015099-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Dwi Guruh Wijanarko-F1B015099-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dwi Guruh Wijanarko-F1B015099-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sektor UMKM yang menjadi faktor pemasukan potensial dan berkontribusibesar terhadap pendapatan daerah di Kabupaten Banyumas adalah Sentra IndustriSandal Bandol. Pemberdayaan UMKM diatur dalam Peraturan Daerah KabupatenBanyumas Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pemberdayaan dan PengembanganUsaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Sentra industri sandal bandol merupakanpendapatan utama masyarakat Kelurahan Pasir Kidul, banyak tenaga kerja yangmenjadikan produksi sandal bandol sebagai mata pencaharian. Industri sandalbandol merupakan potensi daerah yang harus dikembangkan secara maksimal agardapat mensejahterakan warga masyarakat Kabupaten Banyumas. Sehingga,menjadi penting untuk mengecek pertanyaan penelitian adalah “Bagaimana peranpemerintah daerah dalam pemberdayaan UMKM sentra industri sandal bandol diKelurahan Pasir Kidul ?”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknikpengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dandokumentasi. Informan yang telah diwawancarai dalam penelitian adalah daripegawai Kasi Pengembangan UKM dari Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, UsahaKecil dan Menengah dengan pegawai Kasi Fasilitasi dan Informasi Industri dariDinas Perindustrian dan Perdagangan, serta masyarakat pengrajin sandal bandoldan ketua paguyuban sandal bandol. Teknik pemilihan informan yang digunakanteknik purposive sampling. Teknik validitas data yang digunakan adalahtriangulasi, sedangkan teknik analisi data yang digunakan adalah model analisisinteraktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemerintah daerah membuat kebijakandan program-program untuk memberdayakan kelompok pengrajin sandal bandol.Beberapa program yang dilakukan pemerintah daerah yaitu, pelatihan, promosi,pameran, permodalan, melakukan perbaikan kualitas sumber daya manusia,memberikan bantuan mesin dan peralatan, mengikutsertakan pada pameranpameran,memfasilitasilombadesain,dankerjasamauntukmengembangkanlem.Adapunkendala yang dihadapi pemerintah daerah adalah sumber daya manusiadan permodalan, untuk menyelesaikan hal tersebut pemerintah melakukankegiatan pelatihan dan pemberian dana bergulir. Pemerintah KabupatenBanyumas harus meningkatkan kinerja dengan membuat strategi pemberdayaanUMKM melaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20110
Uncontrolled Keywords: Peran Pemerintah Daerah, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pemberdayaan
Subjects: S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:09
Last Modified: 25 Jan 2022 02:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13231

Actions (login required)

View Item View Item