Peran Diversi di Tingkat Penyidikan dalam Rangka Perlindungan terhadap Anak yang Melakukan Tindak Pidana Penganiayaan (Studi Kasus di Polres Banyumas)

PAMUNGKAS, Kartika Sari Putri (2020) Peran Diversi di Tingkat Penyidikan dalam Rangka Perlindungan terhadap Anak yang Melakukan Tindak Pidana Penganiayaan (Studi Kasus di Polres Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Bagian 1 - Copy.pdf

Download (487kB)
[img] PDF (Legalitas)
Bagian 12 - Copy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
Bagian 10 - Copy.pdf

Download (662kB)
[img] PDF (BabI)
Bagian 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] PDF (BabII)
Bagian 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] PDF (BabIII)
Bagian 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (BabIV)
Bagian 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] PDF (BabV)
Bagian 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Bagian 7.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penanganan anak yang berkonflik dengan hukumd ilaksanakan dengan prosesm Peradilan Pidana Anak diberlakukan. Definisi diversi secara umum yaitu pengalihan sistem peradilan dari dalam proses peradilan ke luar proses peradilan. Proses diversiwajib diselenggarakan pada setiap tingkat pemeriksaan, termasuk penyidikandikepolisian, gunamelindungi hak-hak anak dan menghindarkan anak dari efekburuk peradilan pidana. Penelitian dilaksanakan menggunakan metode pendekatanyuridis sosiologis yang meneliti kebijakan hukum diversi pada Undang-UndangNomor 11 Tahun 2012, dilanjutkan dengan pengamatan peran diversidi tingkatpenyidikan dan faktor apa saja yang menghambat penyidik dalam melakukandiversi terhadap anak yang melakukan tindak pidana penganiayaan di kepolisianyang bertempat di Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (Unit PPA) PolresBanyumas. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan datasekunder yang dilaksanakan dengan metode wawancara untuk pengumpulan dataprimer dan berdasar pada undang-undang untuk data sekunder. Berdasarkan padahasil penelitian ini, peran diversi di tingkat penyidikan di Polres Banyumassebagai mediator. Mediator sendiri memiliki peran yaitu memimpin prosesdiversi, menelusuri dan menggali kepentingan para pihak yang berperkara danmencari penyelesaian perkara yang terbaik. Selain sebagai mediator, penyidikPolres Banyumas juga berperan sebagai fasilitator yaitu memfasilitasi tempatuntuk mempertemukan korban dan pelaku. Hambatan yang sering dihadapi olehpenyidik dalam melakukan diversi yaitu pemahaman masyarakat yang masihmenganggap suatu tindak pidana yang dilakukan oleh seseorang harus di prosesmelalui jalur hukum (pengadilan). Hal tersebut menyebabkan kesulitan tersendiribagi penyidik dalam melakukan upaya diversi terhadap tindak pidana yangdilakukan oleh anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E20262
Uncontrolled Keywords: Diversi, Penyidik, Tindak Pidana Penganiayaan
Subjects: C > C257 Children
P > P152 Persecution
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:31
Last Modified: 25 Jan 2022 02:31
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13237

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year