Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pelanggaran Imunitas dan Inviolabilitas Perwakilan Diplomatik Ditinjau dari Hukum Internasional (Studi tentang Kasus Duta Besar Italia yang Dilarang Meninggalkan India Tahun 2013)

SWANDANI, Tamara Gita (2020) Pelanggaran Imunitas dan Inviolabilitas Perwakilan Diplomatik Ditinjau dari Hukum Internasional (Studi tentang Kasus Duta Besar Italia yang Dilarang Meninggalkan India Tahun 2013). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
Bagian 1.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (Legalitas)
Bagian 12 - Copy (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
Bagian 12 - Copy.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
Bagian 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (BabII)
Bagian 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)
[img] PDF (BabIII)
Bagian 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (BabIV)
Bagian 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (900kB)
[img] PDF (BabV)
Bagian 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
Bagian 7.pdf

Download (320kB)

Abstract

Kekebalan dan keistimewaan berlaku pada perwakilan diplomatik untukmenjalankan tugasnya sebagai perwakilan suatu negara berdasarkan KonvensiWina 1961 tentang Hubungan Diplomatik Pasal 29. Pada 14 Maret 2013, HakimKetua Mahkamah Agung India, Altamas Kabir menerbitkan larangan bepergianDuta Besar Italia untuk India, Daniele Mancini untuk tidak meninggalkan India.Kasus penahanaan Duta Besar Italia bermula dari tuduhan penembakan diperairan zona ekonomi eksklusif/ZEE India yang dilakukan marinir Italia darikapal Enrica Lexie kepada dua orang nelayan India yang kemudian menyebabkankematian kedua nelayan India tersebut pada 25 Februari 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan dalam hukumdiplomatik mengenai pemberian imunitas dan inviolabilitas pada seorangperwakilan diplomatik serta mengetahui pengaturan hukum internasionalmengenai pemberian kekebalan diplomatik oleh negara penerima yaitu Indiakepada Duta Besar Italia, Daniel Mancini. Penelitian ini merupakan penelitianyuridis yang menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatankasus. Semua data dalam penelitian ini berasal dari data sekunder yang disusunsecara sistematis dan dianalisis dengan metode normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perwakilan diplomatik mempunyaikekebalan yang bersumber dari hukum kebiasaan internasional dan kemudiandikukuhkan dalam konvensi internasional. Larangan yang dikeluarkan oleh Indiakepada Duta Besar Italia Daniele Mancini untuk meninggalkan India munculsebagai akibat dari peristiwa penembakan dua nelayan India oleh marinir Italia.Perwakilan diplomatik mempunyai kekebalan dari jurisdiksi pidana, perdata, danadministratif negara penerima serta memiliki kebebasan bepergian berdasarkanPasal 26 Konvensi Wina 1961 tentang hubungan diplomatik, hukum kebiasaaninternasional dan perjanjian internasional. Setiap perwakilan diplomatikdilindungi oleh hak kekebalan (imunitas) dan tidak dapat diganggu gugat(inviolabilitas) serta memiliki kekebalan jurisdiksi yang diatur dalam KonvensiWina 1961 tentang Hubungan Diplomatik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E20265
Uncontrolled Keywords: imunitas, inviolabilitas, perwakilan diplomatik
Subjects: I > I234 International law
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs PKL PKL
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:48
Last Modified: 25 Jan 2022 02:48
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13267

Actions (login required)

View Item View Item