Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Resolusi Konflik Alih Fungsi Tanah ( Studi Kasus Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat BIJB di Desa Sukamulya Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka Jawa Barat)

SEPTIAJI, Faisal Amri (2020) Resolusi Konflik Alih Fungsi Tanah ( Studi Kasus Pembangunan Bandara Internasional Jawa Barat BIJB di Desa Sukamulya Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka Jawa Barat). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Faisal Amri Septiaji-F1A015011-skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Faisal Amri Septiaji-F1A015011-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTARK-Faisal Amri Septiaji-F1A015011-skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Faisal Amri Septiaji-F1A015011-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Faisal Amri Septiaji-F1A015011-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Faisal Amri Septiaji-F1A015011-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Faisal Amri Septiaji-F1A015011-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Faisal Amri Septiaji-F1A015011-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Faisal Amri Septiaji-F1A015011-skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Faisal Amri Septiaji-F1A015011-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fenomena alih fungsi lahan yang terjadiakibat adanya kebijakan pembangunan bandara baru di Kecamatan Kertajati, KabupatenMajalengka. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskrtiptif. Teknikpengambilan sampel menggunakan teknik purposive. Adapun sumber data yangdiperoleh oleh peneliti dari berbagai narasumber yaitu: Masyarakat terdampak baik itupro atau kontra pembangunan bandara, pemerintah Kecamatan Kertajati, BPN.Munculnya sikap pro dan kontra di masyarakat, dan munculnya konflik konflik sosial.Masyarakat yang kontra tergabung dalam kelompok Forum Perjuangan RakyatSukamulya. Sikap masyarakat pro lebih kepada ingin patuh kepada negara disampingkarena faktor pasrah dan tidak bisa berbuat banyak jika mereka memilih untuk kontra.Sedangkan sikap masyarakat yang menolak karena takut akan kehilangan lingkungansosialnya, disamping itu mereka takut akan kehilangan lahan pertanian yang selama inimenjadi sumber utama mata pencaharian mereka, baik sebagai petani ataupun buruhtani. Kesimpulan dari penelitian ini lokasi konflik berada di Desa Sukamulya KecamatanKertajati, karena desa tersebut paling luas terkena dampak pembangunan BIJB sehinggasampai memunculkan konflik. Sudah diupayakan penyelesaian konflik dengan jalanmediasi oleh beberapa kementerian dan tokoh warga Sukamulya di kantor staf khususpresiden. Namun mediasi tersebut tidak mencapai kesepakatan. Hingga sekarang konflikmasih belum terselesaikan. Faktor penyebabnya adalah tidak adanya mediasi lanjutanyang dilakukan oleh pemerintah dengan warga Desa Sukamulya. Pemerintah ProvinsiJawa Barat terkesan tidak peduli dengan nasib warga Sukamulya, sehingga prosesresolusi konflik Sukamulya tidak mencapai konsensus. Rekomendasi dari penelitian ini yaitu; Pertama, bagi masyarakat Sukamulya perluadanya rasa kerjasama antar warga dan pemerintah untuk mencari solusi terbaikpenyelesaian konflik agar tidak timbul konflik susulan dikemudian hari. Kedua, bagipemerintah dalam melakukan kebijakan pembangunan, jangan sampai mengorbankanlahan pertanian yang produktif dan subur. Kemudian pemerintah secepatnyamenyelesaikan permasalahan konflik tanah di Desa Sukamulya dengan melakukanmediasi lanjutan dan tentunya agar harga ganti rugi tanah warga Sukamulya dapatdisetarakan dengan harga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20117
Uncontrolled Keywords: konflik, alih fungsi tanah, pembangunan, masyarakat
Subjects: A > A1 Abacus
L > L37 Land use
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 25 Jan 2022 03:17
Last Modified: 25 Jan 2022 03:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13277

Actions (login required)

View Item View Item