Kualitas Pelayanan pada Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dewanata Kabupaten Cilacap

MUSTOFA, Taufiq Huda (2020) Kualitas Pelayanan pada Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dewanata Kabupaten Cilacap. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Taufiq Huda Mustofa-F1B115020-skripsi-2020.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Taufiq Huda Mustofa-F1B115020-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Taufiq Huda Mustofa-F1B115020-skripsi-2020.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Taufiq Huda Mustofa-F1B115020-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Taufiq Huda Mustofa-F1B115020-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Taufiq Huda Mustofa-F1B115020-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Taufiq Huda Mustofa-F1B115020-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Taufiq Huda Mustofa-F1B115020-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Taufiq Huda Mustofa-F1B115020-skripsi-2020.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Taufiq Huda Mustofa-F1B115020-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Panti jompo adalah sebuah tempat dimana berkumpulnya orang-orang lanjut usia, baik secara sukarela ataupun diserahkan oleh pihak keluarga untuk diurus segala keperluannya. Sebuah sarana dimana lansia diberikan fasilitas, layanan 24 jam, jadwal aktivitas, dan hiburan yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan lansia. Banyaknya jumlah penghuni panti yang berjumlah 100 orang sementara tidak dimbangi jumlah petugas yang memadai dapat menyebabkan sebagian penghuni tidak mendapatkan pelayanan setiap harinya. Tujuan penelitian adalah mengetahui tingkat Kualitas Pelayanan pada Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dewanata Kabupaten Cilacap. Sasaran utama penelitian ini adalah pengguna layanan Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dewanata Kabupaten Cilacap. Teknik sampel yang digunakan adalah teknis sensus yaitu mengambil seluruh populasi sebagai sampel atau sebanyak 100 orang. Dalam penelitian ini penyajian data dapat dilakukan melalui tabel distribusi frekuensi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada 100 responden menunjukan bahwa sebagian besar responden menyatakan kualitas pelayanan yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty yang diberikan Panti Sosial Lanjut Usia Dewanata Kabupaten Cilacap sudah baik. Dari hasil penelitian tentang kualitas di Panti Sosial Lanjut Usia Dewanata Kabupaten Cilacap, dapat diberikan implikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan: 1. Melengkapi kebutuhan fisik yang dibutuhkan lansia seperti pegangan kamar mandi, peralatan kebersihan sehingga kondisi lebih terjaga serta memperbaiki berbagai kerusakanfisik agar penerima layaan lebih nyaman selama berada di panti. 2. Memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada semua penerima layanan tanpamembedakan satu dengan lainnya mengingat kondisi masing-masing peneriman dalamkategori lansia sehingga membutuhkan banyak kesabaran. 3. Memberikan pelayanan dan mengajak komunikasi dengan semua penghuni panti karenamemang salah satu kebutuhan lansia adalah diajak bercerita. Selain itu, hendakya pegawaimelakukannya bukan hanya karena alasan pekerjaan sehingga penghuni panti benar-benarmerasa nyaman selama berada di Panti Sosial Lanjut Usia Dewanata Kabupaten Cilacap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20313
Subjects: A > A1 Abacus
C > C647 Community health services
H > H331 Human services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs PKL Sekar
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:11
Last Modified: 25 Jan 2022 04:11
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13283

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year