YASTI, Dewi Kusuma (2020) Studi tentang Tingkat Kepuasan Pasien BPJS terhadap Pelayanan Rawat Inap di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo terhadap Pelayanan Margono Soekarjo. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dewi Kusuma Yasti-F1A015058-Skripsi-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dewi Kusuma Yasti-F1A015058-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dewi Kusuma Yasti-F1A015058-Skripsi-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Dewi Kusuma Yasti-F1A015058-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Dewi Kusuma Yasti-F1A015058-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Dewi Kusuma Yasti-F1A015058-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Dewi Kusuma Yasti-F1A015058-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Dewi Kusuma Yasti-F1A015058-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Dewi Kusuma Yasti-F1A015058-Skripsi-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dewi Kusuma Yasti-F1A015058-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Pelayanan sebagai suatu kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara satuorang dengan orang lain dan menyediakan kepuasan pelanggan. Untukmemudahkan masyarakat di Indonesia, pemerintah membuat kebijakan denganprogram jaminan kesehatan nasional yang ditujukan kepada masyarakat Indonesiaagar dapat berobat sesuai kebutuhan berupa BPJS (Badan Penyelenggara JaminanSosial) kesehatan. Rumah sakit di Purwokerto yang sering dikunjungi olehmasyarakat yaitu RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo yang merupakan rumah sakitmilik pemerintah provinsi dan terbesar di Purwokerto. Namun terdapat beberapakeluhan yang muncul dari pasien mengenai pelayanan yang kurang baik di rumahsakit tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kepuasan pasien BPJSterhadap pelayanan rawat inap di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo secara umumdan mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan rawatinap di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo. Metode penelitian menggunakankuantitatif jenis survey deskriptif dan metode pengumpulan data menggunakankuesioner dan wawancara. Sasaran penelitian ini yaitu pasien rawat inap pesertaBPJS non-PBI. Teknik pengumpulan responden menggunakan stratified randomsampling dengan jumlah sampel 92 responden. Analisis data yang digunakan yaituanalisis statistik deskriptif dan chi kuadrat yang disajikan dengan tabel ditribusifrekuensi dan diagram batang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien selama menjalanirawat inap di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo pada umumnya terbilang puas mulaidari pelayanan dokter, pelayanan perawat, pelayanan makanan dan kondisi fisikruang rawat inap. Kepuasan pasien BPJS diantara pasien kelas 1, 2, dan 3 tidak adaperbedaan dalam pasien menerima pelayanan. Namun ada sedikit pula yang merasakurang puas atas pelayanan yang diterima seperti dokter, perawat dan makanantidak datang tepat waktu, ruang rawat inap kurang bersih, toilet tidak bersih. Tapiuntuk keseluruhan responden dalam penelitian ini merasa puas atas pelayanan yangditerima.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F20274 |
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Kesehatan, Asuransi Kesehatan |
Subjects: | H > H56 Health insurance |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 4080 not found. |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 07:15 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 07:15 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13316 |
Actions (login required)
View Item |