Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Santri dan Kesehatan (Studi mengenai Makna Gudik Bagi Santri Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an di Desa Sirau, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas)

WALDIYANTI, Firli Weli (2020) Santri dan Kesehatan (Studi mengenai Makna Gudik Bagi Santri Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an di Desa Sirau, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Firli Weli WaldiyantiI-F1A016024-Skripsi-2020.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Firli Weli Waldiyanti-F1A016024-skripsi-2020..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Firli Weli Waldiyanti-F1A016024-Skripsi-2020.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Firli Weli Waldiyanti-F1A016024-Skripsi-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Firli Weli Waldiyanti-F1A016024-Skripsi-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Firli Weli Waldiyanti-F1A016024-Skripsi-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Firli Weli Waldiyanti-F1A016024-Skripsi-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Firli Weli Waldiyanti-F1A016024-Skripsi-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Firli Weli Waldiyanti-F1A01024-Skripsi-2020.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Firli Weli Waldiyanti-F1A016024-Skripsi-2020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini menggambarkan santri dan kesehatan, studi mengenai makna gudik bagi santri dipondok pesantren . Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana makna gudik bagisantri di pondok pesantren. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an Sirau,Kemranjen, Banyumas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif denganteknik analisis data model interaktif menurut Miles dan Huberman. Terdapat lima hasilpenelitian penelitian. Pertama nilai-nilai agama di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an SirauKemranjen Banyumas terkait menjaga Kebersihan adalah bersumber dari hadist dan kitab FiqihThaharah atau bersuci. Kedua adalah implementasi nilai agama kebersihan dikalangan santriRoudhotul Qur’an Sirau Kemranjen Banyumas berupa kegiatan piket, roan atau kegiatan bersihbersih, roan grujug dan menjaga kebersihan diri atau personal hygne. Ketiga adalah FaktorPenyebab masih adanya Penyakit Gudik di Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an sepertilingkungan yang padat, santri yang belum terbiasa menjaga kebersihan diri sendiri, danketerbatasan sarana MCK (Mandi Cuci Kakus). Hasil ke empat adalah Makna gudik bagi santri.Terdapat empat makna gudik yang pertama adalah santri yang belum gudiken belum dikatakansebagai santri. Makna ke dua adalah penyakit gudik itu sebagai tanda bahwa ilmu mereka sudahmulai masuk atau menyerap dan jika gudiknya banyak maka ilmu yang didapatkan juga banyak.Makna ke tiga adalah Penyakit gudik yang diderita santri menjadi latihan mental mereka. Maknake empat adalah penyakit gudik dimaknai sebgai penyakit yang wajar dialami oleh santri, bahkanjika belum terkena penyakit gudik akan merasa sedih. Seperti kurang afdol jika belum mengalamipenyakit gudik dipondok. Hasil ke lima adalah Santri Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an yangmengalami penyakit gudik akan melakukan berbagai pengobatan untuk menyembuhkannya.Mereka dapat melakukan pengobatan tradisional maupun modern. Rekomendasi yang pertamaadalah penambahan pembelajaran nilai-nilai kebersihan yang bersumber pada Al-Qur’an. Keduaadalah perlu adanya Implementasi nilai-nilai agama terkait kebersihan sudah bagus hanya sajaperlu adanya sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan personal hyigene. Ketigaadalah perlu menambah sarana MCK (Mandi Cuci Kakus)d. Terakhir yaitu Perlu adanya sosialiasikesehatan mengenai pengetahuan penyakit gudik seperti penyebab penyakit gudik, caramencegah dan cara mengobati penyakit gudik yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20282
Uncontrolled Keywords: Santri, gudik, dan pondok pesantren
Subjects: R > R186 Religion and sociology
S > S373 Skin Diseases
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 31 Jan 2022 01:47
Last Modified: 31 Jan 2022 01:47
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13341

Actions (login required)

View Item View Item