Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efektivitas Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dalam Pengelolaan Laporan Keuangan Desa di Kecamatan Embaloh Hilir Kabupaten Kapuas Hulu

MELY, Herliana (2021) Efektivitas Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dalam Pengelolaan Laporan Keuangan Desa di Kecamatan Embaloh Hilir Kabupaten Kapuas Hulu. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Herliana Mely-F1B017125-Skripsi-2021.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Herliana Mely-F1B017125-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Herliana Mely-F1B017125-Skripsi-2021.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Herliana Mely-F1B017125-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Herliana Mely-F1B017125-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Herliana Mely-F1B017125-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Herliana Mely-F1B017125-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Herliana Mely-F1B017125-Skripsi-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (81kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Herliana Mely-F1B017125-Skripsi-2021.pdf

Download (173kB)

Abstract

Efektivitas merupakan perbandingan antara kebenaran atau ketepatan dengan kekeliruan atau kesalahan dalam pelaksanaan suatu kegiatan bahwa semakin rendah kekeliruan atau kesalahan maka semakin mendekati efektif suatu pekerjaan sehingga suatu proses kegiatan memiliki nilai guna yang tinggi dan berpengaruh positif terhadap organisasi dan masyarakat yang dilayani (Makmur, 2015:5; Basuki, 2018:14). Efektivitas Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dalam Pengelolaan Laporan Keuangan Desa di Desa Kirin Nangka, Desa Nanga Palin, Desa Keliling Semulung, Desa Ujung Bayur, dan Desa Nanga Embaloh Kecamatan Embaloh Hilir Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur penunjang dalam proses pengelolaan keuangan desa menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas penerapan aplikasi siskeudes dalam pengelolaan laporan keuangan desa. Metode penelitian menggunakan karakteristik penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara kepada lima belas informan Pemerintah Desa (Kepala Desa, Kaur Keuangan, dan Sekretaris Desa), observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dan bersiklus dari Miles, Huberman, dan Saldana tahun 2018 terdiri atas tiga aliran: (1) kondensasi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Menggunakan Indikator Efektivitas menurut Makmur tahun 2015. Hasil penelitian menunjukkan Efektivitas Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dalam Pengelolaan Laporan Keuangan Desa telah efektif dalam Ketepatan penentuan waktu, Ketepatan dalam pengukuran, Ketepatan dalam berpikir, Ketepatan dalam melakukan perintah, Ketepatan dalam penentuan tujuan, dan Ketepatan sasaran. Namun, tidak efektif  pada Ketepatan perhitungan biaya dan Ketepatan dalam menentukan pilihan pada infrastruktur penunjang khusus Desa Kirin Nangka, Desa Keliling Semulung, dan Desa Ujung Bayur dalam pengelolaan keuangan desa menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Infrastruktur penunjang seperti jaringan internet dan listrik sangat berdampak terhadap kinerja pemerintah desa dalam pengelolaan laporan keuangan desa menggunakan aplikasi Siskeudes. Dan pengetahuan Operator aplikasi Siskeudes tentang teknologi informasi sangat berdampak terhadap proses pengelolaan laporan keuangan desa menggunakan aplikasi Siskeudes. Secara umum pada efektivitas pengelolaan laporan akhir Desa Kirin Nangka, Desa Nanga Palin, Desa Keliling Semulung, Desa Ujung Bayur, dan Desa Nanga Embaloh telah efektif dalam pengelolaan laporan keuangan desa menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F21389
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), Laporan Keuangan Desa
Subjects: P > P628 Public finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Herliana Mely
Date Deposited: 20 Jan 2022 15:36
Last Modified: 20 Jan 2022 15:36
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13350

Actions (login required)

View Item View Item