Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Hubungan Status Sosial Ekonomi, Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Tingkat Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Purwokerto

PASADENA, Mathias (2020) Hubungan Status Sosial Ekonomi, Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Tingkat Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Mathias Pasadena-F1A016043-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mathias Pasadena-F1A016043-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Mathias Pasadena-F1A016043-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Mathias Pasadena-F1A016043-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Mathias Pasadena-F1A016043-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Mathias Pasadena-F1A016043-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Mathias Pasadena-F1A016043-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Mathias Pasadena-F1A016043-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Mathias Pasadena-F1A016043-Skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Mathias Pasadena-F1A016043-Skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Korelasi Status Sosial Ekonomi denganPrestasi Belajar; (2) Korelasi Dukungan Orang Tua dengan Prestasi Belajar; (3) KorelasiMotivasi Belajar dengan Prestasi Belajar; (4) Korelasi Status Sosial-Ekonomi, DukunganOrang Tua, Motivasi Belajar bersama dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 2Purwokerto tahun pelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Purwokerto tahun pelajaran2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah 93 siswa dengan teknik Proportionatestratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan datasekunder. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data tentang variabel independenStatus Sosial-Ekonomi, Dukungan Orang Tua, dan Motivasi Belajar, sedangkan datasekunder digunakan untuk variabel dependen Prestasi Belajar. Teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah Tabel Distribusi Frekunsi, Tabel Silang, TauKendall, dan Kendall W. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antarastatus sosial ekonomi dengan prestasi belajar di SMP Negeri 2 Purwokerto pada tahunakademik 2019/2020 yang ditandai dengan besarnya korelasi sebesar 0,212 dan nilaidari p (Sig.) 0,025; (2) Terdapat hubungan yang positif namun tidak signifikan antaraDukungan Orang Tua dan Prestasi Belajar di SMP Negeri 2 Purwokerto pada tahunakademik 2019/2020 sebagaimana ditunjukkan oleh besarnya hubungan (korelasi)hanya 0,062 dan nilai p (Sig.) Sebesar 0,512; (3) Terdapat hubungan positif dan signifikanMotivasi Belajar dengan Prestasi Belajar di SMP Negeri 2 Purwokerto pada tahunakademik 2019/2020 yang ditandai dengan besarnya hubungan (korelasi) sebesar 0,219dan p-value (Sig.) 0,021; (4) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara status sosialekonomi, dukungan orang tua, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa di SMP Negeri2 Purwokerto tahun pelajaran 2019/2020 yang ditandai dengan nilai atau besarnyakorelasi bersama sebesar 0,050 dan nilai probabilitas signifikan (Asymp. Sig.) Dari 0,003bahwa korelasi bersama-sama adalah signifikan (karena probabilitas signifikansi(Asymp. Sig.) <0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20284
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: A > A19 Academic achievement
E > E79 Educational sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 4080 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2022 02:16
Last Modified: 31 Jan 2022 02:16
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13354

Actions (login required)

View Item View Item