THABRANI, Ahmad (2020) Anak Miskin Dilarang Bodoh (Studi tentang Ketimpangan Sosial dalam Pendidikan SMA di Purwokerto dan Cilacap). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Ahmad Thabrani-F1A016045-Skripsi-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Ahmad Thabrani-F1A016045-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Ahmad Thabrani-F1A016045-Skripsi-2020.pdf Download (3MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-1-Ahmad Thabrani-F1A016045-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-2-Ahmad Thabrani-F1A016045-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-3-Ahmad Thabrani-F1A016045-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-4-Ahmad Thabrani-F1A016045-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-5-Ahmad Thabrani-F1A016045-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Ahmad Thabrani-F1A016045-Skripsi-2020.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Ahmad Thabrani-F1A016045-Skripsi-2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini menggambarkan tentang siswa miskin bodoh yang berinteraksi di sekolah favorit. Tujuanpenelitian ini untuk mendeskripsikan siswa miskin bodoh dalam memandang dirinya dan interaksisiswa tersebut dengan teman sekolahnya. Lokasi penelitian ini berada di SMA Negeri 2 Purwokertodan SMA N 1 Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif denganpengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Pengambilan data penelitian ini melibatkansasaran penelitian utama yaitu siswa miskin bodoh di sekolah favorit. Terdapat empat orang siswadengan rincian dua orang per sekolah. Data pendukung dari penelitan ini diperoleh dari wawancaradengan informan pendukung dan hasil observasi lapangan. Penelitian ini berhubungan erat dengan suatu konsep yang dikemukakan oleh Pierre Bourdieu yaituhabitus sosial. Konsep ini melihat adanya perbedaan kebiasaan atau habitus di dunia pendidikan.Habitus merupakan suatu pola kebiasaan yang berkembang di entitas masyarakat dan dapatmendominasi kelas sosial bawah. Dari gambaran konsep itu peneliti melakukan pengumpulan datadan analisis hasil temuan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode interaktif, sementara analisisdilakukan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa miskin bodoh di sekolah favorit memandang konsepdirinya dengan kepercayaan diri rendah dan interaksi mereka dengan teman sekolahnya tidakditerima begitu baik. Berdasarkan data yang diperoleh, siswa miskin bodoh di SMA N 2 Purwokertodan SMA N 1 Cilacap belum diperlakukan dengan baik di sekolah. Oleh karena itu, sekolah dapatmelakukan evaluasi dan perbaikan di segala aspek untuk mewujudkan pendidikan yang lebihhumanis dan berkeadilan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F20286 |
Uncontrolled Keywords: | Ketimpangan pendidikan, Interaksi Siswa, Kemiskinan |
Subjects: | E > E79 Educational sociology P > P461 Poverty |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Users 4080 not found. |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 02:45 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 02:45 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13360 |
Actions (login required)
View Item |