Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Rumah Langit Harapan Pendidikan Anak Marjinal (Studi tentang Pemberdayaan Bidang Pendidikan di Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur)

PURWANINGRUM, Dinda Galih (2020) Rumah Langit Harapan Pendidikan Anak Marjinal (Studi tentang Pemberdayaan Bidang Pendidikan di Kelurahan Kampung Tengah, Kecamatan Kramatjati, Jakarta Timur). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER- Dinda Galih Purwaningrum- F1A016060- skripsi- 2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS- Dinda Galih Purwaningrum- F1A016060- Skripsi- 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK- Dinda Galih Purwaningrum- F1A016060- Skripsi- 2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I- Dinda Galih Purwaningrum- F1A016060- skripsi- 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II- Dinda Galih Purwaningrum- F1A016060- skripsi- 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III- Dinda Galih Purwaningrum-F1A016060- skripsi- 2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV- Dinda Galih Purwaningrum-F1A016060-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V- Dinda Galih Purwaningrum-F1A016060-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Dinda Galih Purwaningrum-F1A016060-skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN- Dinda Galih Purwaningrum-F1A016060-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemberdayaan Masyarakat merupakan upaya mendorong perubahan, baik suatu kebijakanpublik secara luas di tingkat lokal, nasional, dan global. Pemberdayaan masyarakat ini tidakhanya terjadi di desa saja, bahkan di kota besar dengan fasilitas yang terjangkau juga masihperlu melakukan pemberdayaan. Pemberdayaan sendiri, dilakukan secara sistematis, terencana,dan terarah. Salah satu contohnya adalah pemberdayaan dalam bidang pendidikan diperkotaan. Rumah Langit sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat yang berada di Kampungtengah, Kramat Jati, Jakarta Timur merupakan salah satu rumah belajar yang dalampenerapannya melakukan pemberdayaan bidang pendidikan untuk anak marjinal di perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk pemberdayaan masyarakatyang dilakukan Rumah Langit sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat dalam bidang pendidikanuntuk anak marjinal di Kampung tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur. Penelitian ini merupakanpenelitian kualitatif yang menggunakan teknik dengan cara menetapkan ciri-ciri khusus yangsesuai dengan tujuan penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalahanalisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk pemberdayaan yang dilakukan Yayasan RumahLangit, dapat di kelompokkan menjadi tiga tahapan. Tahap pertama penyadaran, di sini RumahLangit mengelakukan beberapa strategi yaitu, menggunakan kurikulum 2006, memotivasimurid agar rajin belajar, door to door, study tour, dan menerapkan mata pelajaran yang disukai.Tahap kedua pengkapasitasan, yang terdiri dari tiga cakupan yaitu meningkatkan kualitassumber daya manusia yang berperan menjadi fasilitator di sana, pengelolaan organisasi yangterdiri dari anggaran dan bentuk kerjasama, serta sistem nilai yang dijadikan pedoman diRumah Langit. Tahap ketiga pemberdayaan, yang di mana mereka para penerima manfaat akandiberikan daya atau peluang sesuai dengan kualitas diri mereka, seperti siswa mengikuti ujianpaket kesetaraan dan siswa yang memiliki ketertarikan pada bidang sastra akan diarahkanuntuk menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa bentukpemberdayaan di Rumah Langit memiliki tiga tahapan yaitu, penyadaran, pengkapasitasan, danpemberdayaan. Dalam menjalankan bentuk pemberdayaan tersebut juga memiliki faktor yangmedorong jalannya pemberdayaan dan faktor penghambar dalam jalannya kegiatan tersebut.Rekomendasi dari penelitian ini yaitu, diharapkan dapat memberikan gambaran sertasumbangsih pengetahuan bagi kalangan akademisi, aktivis, dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20291
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Alternatif, Pemberdayaan
Subjects: E > E79 Educational sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 31 Jan 2022 03:59
Last Modified: 31 Jan 2022 03:59
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13372

Actions (login required)

View Item View Item