Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Home Industry Gula Semut (Studi tentang Jaringan Sosial Pemasaran pada Perajin Gula Semut di Rancamaya, Cilongok, Banyumas)

AGISTYA, Agistya (2020) Home Industry Gula Semut (Studi tentang Jaringan Sosial Pemasaran pada Perajin Gula Semut di Rancamaya, Cilongok, Banyumas). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Nurannisa Agistya-F1A016063-skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nurannisa Agistya-F1A016063-SKRIPSI-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nurannisa Agistya-F1A016063-skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Nurannisa Agistya-F1A016063-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Nurannisa Agistya-F1A016063-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Nurannisa Agistya-F1A016063-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Nurannisa Agistya-F1A016063-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Nurannisa Agistya-F1A016063-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-Nurannisa Agistya-F1A016063-skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nurannisa Agistya-F1A016063-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Rancamaya merupakan desa yang sebagian besar penduduknya bermata pencahariansebagai perajin gula Kelapa. Home industry gula sudah dilakukan secara turun-temurundan dijadikan komoditas unggulan Desa Rancamaya. Gula semut dikenal di wilayahCilongok pada tahun 2007. Gula semut memiliki potensi besar karena diminati olehkonsumen dari berbagai negara, ini menjadi salah satu bisnis yang mempunyaipengaruh besar bagi peningkatan kesejahteraan ekonomi rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan jaringan sosialpemasaran yang dibangun perajin pada home industry gula semut di Desa Rancamaya.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sasaran utama penelitian ini adalahperajin gula semut, pengepul, pegawai Koperasi Nira Satria, dan CV Kali Mengaji.Sasaran pendukung dalam penelitian ini yaitu Kepala Desa Rancamaya. Teknikpemilihan informan yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan datadalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Datayang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif. Validitasdata dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya jaringan sosial dalam kegiatan pemasaranhasil produksi home industry gula semut. Pihak yang terlibat dalam jaringan sosialpemasaran ini adalah perajin, pengepul, dan distributor gula semut. Jaringan sosialpemasaran merupakan modal utama dalam sektor perekonomian. Pelaku jaringan sosialpemasaran hasil produksi home industry gula semut ini menjalin kerja sama atas dasarkepentingan bersama baik itu dari segi sosial maupun dari segi ekonomi. Terdapatkonsep “kontrak” dan “brayan” dalam hubungan antara perajin dan pengepul yangmenjadi faktor penyebab rendahnya tingkat kesejahteraan para perajin. Ada dua faktorterbentuknya jaringan sosial pemasaran di dalam aktivitas home industry gula semut diDesa Rancamaya, kedua jaringan tersebut terbentuk karena adanya sifat timbal balik.Pertama, dalam aktivitas pemasaran home industry gula semut antara perajin, pengepul,dan distributor gula semut masing-masing terdapat jaringan sosial pemasaran yangterbentuk karena adanya ikatan sosial yang kuat dengan didasari kepercayaan. Kedua,jaringan sosial pemasaran yang terbentuk karena adanya kepentingan ekonomi yangbersifat saling menguntungkan masing-masing pihak yang terlibat, yaitu antara perajin,pengepul, dan distributor gula semut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20292
Uncontrolled Keywords: jaringan sosial pemasaran, perajin, gula semut
Subjects: S > S399 Small business
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 31 Jan 2022 04:17
Last Modified: 31 Jan 2022 04:17
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13374

Actions (login required)

View Item View Item