NURAFIANI, Adinda Dea (2020) Pengaruh E-Konseling Akun Line @CurhatAlpas terhadap Kepuasan Pelayanan Kesehatan Mental Penggunanya. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER SKRIPSI - Adinda Dea Nurafiani - F1C016044 - SKRIPSI - 2020.pdf Download (354kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS - Adinda Dea Nurafiani F1C016044 - Skripsi - 2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK SKRIPSI -Adinda Dea Nurafiani - F1C016044 - SKRIPSI - 2020.pdf Download (642kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I - Adinda Dea Nurafiani F1C016044 - Skripsi - 2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II - Adinda Dea Nurafiani F1C016044 - Skripsi - 2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (756kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III - Adinda Dea Nurafiani - F1C016044 - SKRIPSI - 2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV - Adinda Dea Nurafiani F1C016044 - Skripsi - 2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V - Adinda Dea Nurafiani F1C016044 - Skripsi - 2020.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA - Adinda Dea Nurafiani F1C016044 - SKRIPSI - 2020.pdf Download (496kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi komunikasi mendorong manusia untuk bertindak layaknya masyarakat digital. Berkat internet, manusia dapat aktif setiap waktu menggunakan media sosial untuk memuaskan kebutuhan dan harapannya. Salah satunya dengan mengakses layanan kesehatan seperti e – konseling @CurhatAlpas untuk membantu manusia dalam mencapai derajat kesehatan mental. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adakah pengaruh penggunaan e – konseling akun LINE @CurhatAlpas terhadap kepuasan pelayanan kesehatan mental pengguna. Penelitian ini menggunakan Teori Uses and Gratifications yang menjelaskan bagaimana seseorang secara aktif mencari dan menggunakan media beserta konten tertentu untuk suatu tujuan yang dapat memenuhi kepuasannya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna e – konseling akun @CurhatAlpas. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan quota sampling melalui rumus Slovin. Kemudian menyebarkan kuesioner online kepada jumlah sampel penelitian sebanyak 56 responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang kuat dan positif dari penggunaan media e – konseling akun @CurhatAlpas terhadap kepuasan pelayanan kesehatan mental pengguna. Nilai koefisien regresi dalam penelitian ini adalah Y = 46,742 + 1,679X dengan tingkat signifikansi 0,000. Nilai koefisien determinasi (R2) dalam penelitian ini adalah 0,486, artinya penggunaan media e – konseling akun @CurhatAlpas memiliki pengaruh sebesar 48,6% terhadap kepuasan pelayanan kesehatan mental pengguna. Selebihnya, kepuasan pengguna dapat dipengaruhi oleh faktor lain seperti konselor, jadwal konselor, penggunaan fitur, atau konseling face to face.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F20330 |
Uncontrolled Keywords: | E – konseling, Cyber Counseling, Mental Health Service, Uses and Gratifications, Social Media |
Subjects: | H > H52 Health counseling I > I252 Internet |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Users 4158 not found. |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 04:27 |
Last Modified: | 31 Jan 2022 04:27 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13376 |
Actions (login required)
View Item |