Efektivitas Implementasi Program Rehabilitasi Rumah tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga

RINI, Deska Setya (2020) Efektivitas Implementasi Program Rehabilitasi Rumah tidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Deska Setya Rini-F1B016057-skripsi-2020.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Deska Setya Rini-F1B016057-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Deska Setya Rini-F1B016057-skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Deska Setya Rini-F1B016057-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Deska Setya Rini-F1B016057-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Deska Setya Rini-F1B016057-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Deska Setya Rini-F1B016057-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Deska Setya Rini-F1B016057-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Deska Setya Rini-F1B016057-skripsi-2020.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Deska Setya Rini-F1B016057-skripsi-2020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan utama adalah pelaksanaan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang sudah cukup lama menjadi program pemerintah kenyataannyadalam pelaksanaannya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pengkategorianpengalokasian rumah yang layak mendapatkan bantuan didasarkan pada pembagianzona kemiskinan yang terdiri dari zona merah, kuning dan hijau. Desa/ kelurahandengan zona merah mendapat pengalokasian rumah lebih banyak dibandingkandengan zona lainnya. Kecamatan Purbalingga merupakan kecamatan yang memilikidesa/ kelurahan dengan zona merah tertinggi yaitu sebanyak 8 desa/ kelurahandibandingkan dengan kecamatan lain yang ada di Kabupaten Purbalingga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruhantara Komunikasi Birokrasi, Sumber Daya Organisasi, Disposisi Pelaksana danStruktur Birokrasi Terhadap Efektivitas Implementasi Program Rehabilitasi RumahTidak Layak Huni (RTLH) di Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif denganmenggunakan pendekatan survey, dengan teknik pengumpulan data melaluikuesioner dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakanstatistik Korelasi Kendal Tau-c, Korelasi Konkordasi Kendall’s W dan RegresiOrdinal, dengan sasaran penelitian adalah pelaksana program tingkat desa yaituKelompok Masyarakat (POKMAS) di 13 desa/ kelurahan yang ada di KecamatanPurbalingga, Kabupaten Purbalingga sebanyak 39 orang. Hasil penelitian ini didasarkan pada tiga cara analisis yaitu sebagai berikut:(1) Hasil dari analisis Korelasi Kendall Tau-c diketahui bahwa KomunikasiBirokrasi (X1) memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan KeberhasilanImplementasi Program (Y). Begitu pula dengan variabel Sumber Daya Organisasi(X2) memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan KeberhasilanImplementasi Program (Y). Untuk variabel Disposisi Pelaksana (X3) memilikihubungan yang signifikan dan positif dengan Keberhasilan Implementasi Program(Y). Variabel Struktur Birokrasi (X4) juga memiliki hubungan yang signifikan danpositif dengan Keberhasilan Implementasi Program (Y). Kemudian, hasil darianalisis Konkordansi Kendall’s W diketahui juga bahwa variabel KomunikasiBirokrasi (X1), Sumber Daya Organisasi (X2), Disposisi Pelaksana (X3) danStruktur Birokrasi (X4) memiliki hubungan yang signifikan dan positif secarabersama-sama dengan Keberhasilan Implementasi Program (Y). Berdasarkananalisis regresi ordinal, diketahui bahwa semua variabel independen (X) memilikihubungan yang signifikan dan positif terhadap Keberhasilan Implementasi Program(Y).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F20306
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Publik, Implementasi Kebijakan, KebeImplementasi Program, Rumah Tidak Layak Huni
Subjects: G > G193 Government policy
P > P624 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mrs Yayuk Khotiarsih
Date Deposited: 21 Jan 2022 09:05
Last Modified: 21 Jan 2022 09:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13420

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year