Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Pendaftaran Penduduk secara Online pada Masa Pandemi (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis)

KURNIAWAN, Nandang Pamungkas (2021) Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Pendaftaran Penduduk secara Online pada Masa Pandemi (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER_NANDANG PAMUNGKAS KURNIAWAN_E2A019007_TESIS_2021.pdf

Download (219kB)
[img] PDF (Legalitas)
FILE LEGALITAS_NANDANG PAMUNGKAS KURNIAWAN_E2A019007_TESIS_2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] PDF (Abstrak)
RINGKASAN_NANDANG PAMUNGKAS KURNIAWAN_E2A019007_TESIS_2021.pdf

Download (200kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I_NANDANG PAMUNGKAS KURNIAWAN_E2A019007_TESIS_2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II_NANDANG PAMUNGKAS KURNIAWAN_E2A019007_TESIS_2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III_NANDANG PAMUNGKAS KURNIAWAN_E2A019007_TESIS_2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV_NANDANG PAMUNGKAS KURNIAWAN_E2A019007_TESIS_2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V_NANDANG PAMUNGKAS KURNIAWAN_E2A019007_TESIS_2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_NANDANG PAMUNGKAS KURNIAWAN_E2A019007_TESIS_2021.pdf

Download (409kB)

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan administrasi penduduk merupakan hal yang penting khususnya di masa pandemic, salah satunya sebagai sumber data untuk menyalurkan bantuan terhadap penduduk yang terkena dampak dari pandemic dengan cepat. Oleh sebab itu penyelenggaraan administrasi kependudukan dilakukan secara online sebagaimana diatur dalam Permendagri No 7 Tahun 2019. Pelaksanaan secara online di Disdukcapil Kabupaten Ciamis merupakan hal yang baru, maka perlu diketahui secara mendalam dalam implementasi kebijakan penyelenggaraan administrasi pendafataran penduduk secara online ini dapat meminimalisir penyebaran virus corona atau tidak, dan perlu diketahui juga kendala yang terjadi dalam pelaksanaanya serta upaya yang dilakukan oleh Disdukcapil Kab. Ciamis untuk tetap terselenggaranya pelayanan adminduk dapat terlaksana dengan tetap menjaga penyebaran virus corona. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris dengan spesifikasi deskriptif analitsis. Sumber bahan hukum yang terdapat dalam penelitian ini berasal dari bahan hukum primer, sekunder dengan metode pengumpulan data berdasarkan wawancara secara komperhensif dengan metode snowball dan pengamatan, dan juga studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, atas dasar kebijakan yang dikeluarkan Bupati Ciamis dalam Surat Edaran Bapak Bupati Ciamis Nomor 800-407/BKPSDM 4/2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja ASN Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis dan Surat Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI Nomor 443.1/2978/Dukcapil hal Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencegahan Virus Corona (COVID-19), kebijakan tersebut sebagai mengurang pencegahaan penyebaran virus COVID 19 dan juga sebagai pelaksana pelayanan secara online dengan memberhatikan protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh pemerintah. Faktor-faktor yang mempengaruhi yakni: Pertama, faktor hukum, peraturan hukum sudah mengamanatkan Penyelenggaraan Kebijakan Pelayanan Administrasi Pendaftaran Penduduk Secara Online di Dinas Kependudukan Catatan Sipil; Kedua, faktor penegak hukum, bahwa para penegak hukum kepolisian harus menegakan hukum dan mengikuti asas-asas yang berlaku didalam menertibkan masyarakakat yang tidak menaati Larangan Berkerumun dan Mobilisasi Masyarakat sesuai SOP pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik; Ketiga, faktor Sarana dan Prasarana yang kurang mendukung; Keempat, faktor masyarakat, dukungan masyarakat dalam menjalankan SOP pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Penduduk secara Elektronik demi mematahui protokol Kesehatan,; dan Kelima, factor budaya hukum dan pengetahuan dalam Masyarakat yang masih awam teknologi; Tidak semua masyarakat memiliki Handphone android yang ada aplikasi WhatsApp; File susah terbacatidak jelas terbaca; jangka waktu pemenuhan kekurangan syarat terlalu lama.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P22005
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pencatatan Kependudukan, Pandemi
Subjects: P > P624 Public administration
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Ilmu Hukum
Depositing User: Mr NANDANG PAMUNGKAS KURNIAWAN
Date Deposited: 24 Jan 2022 14:42
Last Modified: 24 Jan 2022 14:42
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13508

Actions (login required)

View Item View Item