TONDOK, Dwiastini Ayu Wardhana Tallu (2022) Korelasi Self Directed Learning Readiness dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Dwiastini Ayu Wardhana Tallu Tondok-G1A016011-Skripsi-2022.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Dwiastini Ayu Wardhana Tallu Tondok-G1A016011-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (609kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Dwiastini Ayu Wardhana Tallu Tondok-G1A016011-Skripsi-2022.pdf Download (230kB) |
|
PDF (BabI)
BAB I-Dwiastini Ayu Wardhana Tallu Tondok-G1A016011-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
PDF (BabII)
BAB II-Dwiastini Ayu Wardhana Tallu Tondok-G1A016011-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB III-Dwiastini Ayu Wardhana Tallu Tondok-G1A016011-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB IV-Dwiastini Ayu Wardhana Tallu Tondok-G1A016011-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
|
PDF (BabV)
BAB V-Dwiastini Ayu Wardhana Tallu Tondok-G1A016011-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Dwiastini Ayu Wardhana Tallu Tondok-G1A016011-Skripsi-2022.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Dwiastini Ayu Wardhana Tallu Tondok-G1A016011-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
Abstract
Latar Belakang : Keberhasilan dan prestasi belajar dapat diukur dari indeks prestasi mahasiswa. IP mahasiswa dipengaruhi oleh salah satu faktor internal yaitu self directed learning readiness. SDLR sangat penting untuk pencapaian prestasi pada proses belajar mandiri. Pembelajaran yang menuntut mahasiswa untuk aktif belajar mandiri diterapkan pula di Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman. Penelitian ini belum pernah dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman. Tujuan : Mengetahui adanya korelasi antara self directed learning readiness dengan indeks prestasi mahasiswa kedokteran Universitas Jenderal Soedirman. Metode : Rancangan penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional, sampel diambil dari mahasiswa FK Unsoed dengan besar sampel 189 mahasiswa yang memenuhi kriteria inklusi. Teknik pengambilan sampling dengan purposive samping. Pengambilan data primer dengan kuesioner self directed learning readiness secara online dan pengambilan data sekunder indeks prestasi responden diambil dari bagian akademik FK Unsoed. Analisis data yaitu analisis univariat dan bivariat. Hasil : Persebaran skor self directed learning readiness pada subjek penelitian yaitu kategori rendah (0,00%), sedang (52,38%), dan tinggi (47,62%). Distribusi indeks prestasi subjek penelitian yaitu <2,00 (1,06%), 2,00-2,75 (15,88%), 2,76-3,00 (29,62%), 3,01-3,50 (34,39%), >3,50 (19,05%). Uji korelasi spearman menunjukan hasil yang signifikan bermakna (p=0,000) dengan nilai korelasi 0,495 yang berarti korelasi cukup. Kesimpulan – Terdapat korelasi antara self directed learning readiness (SDLR) dengan indeks prestasi mahasiswa FK Unsoed
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G22069 |
Uncontrolled Keywords: | Indeks Prestasi, Mahasiswa Kedokteran, Self Directed Learning Readiness |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mrs Dwiastini Ayu Wardhana Tallu Tondok |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 14:53 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 14:53 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/13510 |
Actions (login required)
View Item |